Pemko Padang Plin Plan! Warga Dilarang Gelar Kegiatan 17 Agustus, Dispora Adakan Gowes Siti Nurbaya Diikuti Ribuan Orang


Ahad, 16 Agustus 2020 - 17:08:52 WIB
Pemko Padang Plin Plan! Warga Dilarang Gelar Kegiatan 17 Agustus, Dispora Adakan Gowes Siti Nurbaya Diikuti Ribuan Orang Ribuan orang menggelar kegiatan Gowes Siti Nurbaya 2020 yang diselenggarakan Pemko Padang, padahal edaran mengenai larangan mengadakan acara yang memancing banyak orang sudah dikeluarkan sebelumnya. (istimewa)

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Padang hari ini telah selesai melaksanakan kegiatan Gowes Siti Nurbaya Adventure 2020. Kegiatan tersebut pun disambut meriah oleh sejumlah masyarakat yang berdatangan. Terbukti, lebih dari 5000-an peserta ikut berpastisipasi meramaikan kegiatan ini pada Minggu (16/7/2020) pagi di kawasan GOR Haji Agus Salim Padang.

Diketahui, pelaksanaan kegiatan gowes ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun RI ke-75, HUT Kota Padang dan Hari Olahraga Nasional. Dalam acara ini terlihat masyarakat bersuka ria mendengarkan alunan musik yang keluar dari pengeras suara. Alhasil, ribuan warga yang mengenakan pakaian olahraga tersebut itu pun larut dalam alunan musik.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengklaim bahwa kegiatan ini telah dirancang sesuai protokoler Covid-19 dengan maksimal. Seluruh peserta menggunakan masker, menjaga jarak, periksa suhu tubuh saat berada di lokasi tersebut. Selain itu, pihak penyelenggara juga menyediakan tempat cuci tangan. Namun yang terlihat, masih banyak masyarakat yang tidak mengenakan atribut tersebut.

Menurut Mahyeldi, apa yang dilakukan panitia sudah maksimal dalam menjaga dan mengatur jarak antar peserta demi mencegah penyebaran Covid-19 dan timbulnya klaster baru. "Melalui alat pengeras suara, kita bersama pihak panitia selalu mengingatkan agar peserta tidak terlalu rapat dan selalu menerapkan protap dengan cara peserta mencuci tangan dan memakai masker yang telah disiapkan," katanya.

Nyatanya, kegiatan tersebut timbul beberapa pro dan kontra di tengah masyarakat jika ditinjau dari surat edaran yang dikeluarkan Pemko Padang beberapa waktu lalu. Dari surat edaran yang dikeluarkan dengan Nomor: 200/463/KESBANGPOL/2020 tentang partisipasi menyemarakkan peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI tahun 2020 memuat empat poin.

Poin pertama dijelaskan, pengibaran bendera merah putih dimulai tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus 2020. Kemudian, poin kedua tentang larangan untuk mengadakan kegiatan lomba dalam arti kata untuk mendatangkan orang banyak atau kerumununan. Sementara, di poin ketiga meminta Lurah dan Ketua RT/RW se-Kota Padang agar mengimbau dan mengingatkan warga di wilayah masing-masing untuk tidak melaksanakan orgen tunggal, menjauhi kerumunan, tetap jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan. 

Serta menyemarakkan HUT RI ke-75 cukup dengan memperbanyak spanduk, marawa, umbul-umbul, stiker dan hiasan lainnya yang relevan. Di poin keempat edaran tersebut menjelaskan agar camat dan forkopimcam beserta jajarannya dapat memonitor pelaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih di wilayah kerja masing-masing. 

Lalu, kemudian edaran tersebut direvisi tertanggal 14 Agustus 2020 melalui surat yang dikeluarkan bernomor 200/471/KESBANGPOL/2020 yang diperbaiki pada poin kedua, ketiga dan keempat. Pada poin kedua, diubah menjadi pelaksanaan kegiatan lomba dengan melakukan pembatasan kerumunan dan wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yaitu wajib pakai masker, menjaga jarak dan sering cuci tangan. 

Kemudian di poin ketiga menjadi, Lurah dan Ketua RT/RW se-Kota Padang agar mengimbau dan mengingatkan warga di wilayah masing-masing untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke-75 dengan memperbanyak spanduk, marawa, umbul-umbul, stiker dan hiasan lainnya yang relevan serta kegiatan perlombaan dengan konsep mencintai lingkungan.

Serta di poin keempat kepada camat dan forkopimcam beserta lurah dan jajarannya diharapkan untuk memonitor pelaksanaan pengibaran bendera merah putih di wilayah kerja masing-masing dan melaporkan hasilnya kepada sekretaris daerah. Walaupun telah direvisi, namun surat edaran tersebut tetap menuai kontra seiring dilaksanakannya Gowes Siti Nurbaya Adventure 2020 yang melibatkan 5000 lebih peserta, apalagi menggunakan orgen tunggal. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]