Akses Jalan Kecamatan Tigo Lurah Solok Sangat Memprihatinkan


Kamis, 13 Agustus 2020 - 07:31:34 WIB
Akses Jalan Kecamatan Tigo Lurah Solok Sangat Memprihatinkan Dok harianhaluan.com

HARIANHALUAN.COM - Mengetahui adanya kunjungan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ke Nagari Garabak Data selama dua hari, warga Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah mengharapkan Nasrul Abit beserta rombongan bisa berkunjung ke daerahnya.

Acara penyambutan sudah dipersiapkan. Keinginan masyarakat Batu Bajanjang tidak lain, agar pemerintah provinsi Sumbar bisa menyerap semua aspirasi masyarakat, terkait dengan infrastruktur jalan, jaringan komunikasi, pendidikan dan kesehatan serta peningkatan perwkonomian masyarakat setempat.

Kehadiran Nasrul Abit dan rombongan di Nagari Batu Bajanjang, Selasa (11/8/2020) disambut antusias masyarakat. Mereka tidak menyangka Wagub Sumbar itu berkunjung ke desanya.

Walau baru pertama menginjakan kaki di Nagari Batu Bajanjang, Nasrul Abit merasakan kehangatan dan kekeluargaan yang sangat luar biasa dari masyarakat.

"Saya disambut dengan tarian dan musik tradisional yang hanya menggunakan dua batang kayu sehingga menimbulkan bunyi yang merdu. Baru kali ini saya melihatnya," ungkap Nasrul Abit.

Tanpa basa-basi, Wagub Sumbar itu duduk dilantai bergabung bersama para bundo kanduang ikut memukul dua kayu tersebut mengeluarkan nada lagu yang berirama. Dengan semangat Nasrul Abit pun mengikuti irama yang sedang mengalunkan nada lagu Minangkabau.

Kepada masyarakat setempat, Nasrul Abit menyampaikan kedatangannya bersama rombongan di Nagari Batu Bajanjang ini, untuk mendengarkan aspirasi masyarakat dan ingin melihat langsung kehidupan masyarakat di sana.

Menurutnya, akses jalan dari Nagari Garabak Data sampai Batu Bajanjang membutuhkan waktu dua jam perjalanan.

"Kondisinya memang sangat memprihatinkan. Apalagi melihat akses jalannya yang hanya bisa dilalui mobil gardang dua (4x4) itupun kita harus ekstra hati-hati. Bahkan tadi ada jembatan kayu yang sudah rapuh, terpaksa kami harus melalui sungai," ucap Nasrul Abit.

Tentunya warga Garabakdata, setiap harinya harus melewati sungai-sungai dan jalan yang berlobang untuk menuju Kecamatan Tigo Lurah untuk membawa hasil panennya. Termasuk aktivitas anak-anak pulang pergi sekolah, seperti SMP dan SMA. Walau hanya mengandalkan sepeda motor trail.

"Dulunya Garabakdata dan Batu Bajanjang sebagai alat tranportasinya hanya menggunakan Kudo Baban (Kuda Beban) untuk membawa hasil panen padi sebagai sumber penghasilannya kepasaran umum ," jelas Nasrul Abit.

"Saya salut dengan kondisi seperti ini masyarakat disini, tetap bahagia dengan keterbatasan yang ada, mereka tetap kuat dan semangat menjalani hidup setiap harinya," imbuhnya. (*)

loading...
 Sumber : Relis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 23 September 2020 - 00:08:51 WIB

    Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantiah Bakal Dapat Akses Internet

    Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantiah Bakal Dapat Akses Internet HARIANHALUAN.COM - Kabar gembira bagi masyarakat Ampalu, Kayu Aro, Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantiah, Kecamatan Sutera. Jika selama ini wilayah tersebut merupakan daerah blank spot atau tidak memiliki akses signal HP d.
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 19:54:59 WIB

    Akses Jalan ke Lahan Gambir Koto Tinggi Sutera Segera Dibenahi

    Akses Jalan ke Lahan Gambir Koto Tinggi Sutera Segera Dibenahi HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dan anggota Komisi VIII DPR RI, Hj Lisda Hendrajoni melakukan kunjungan ke lahan   gambir milik petani Koto Tinggi di Bukit Aur serta melakukan temu ramah dengan masyarak.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:23:54 WIB

    Akses Kelok 44 Dapat Dilewati Kendaraan Roda 4 Maksimal 10 Ton

    Akses Kelok 44 Dapat Dilewati Kendaraan Roda 4 Maksimal 10 Ton HARIANHALUAN.COM - Akses Maninjau-Bukittinggi via kelok 44 sudah bisa dilewati kembali setelah dilakukan pemasangan turap di kelok 10 yang mengalami longsor beberapa hari lalu..
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 12:44:59 WIB

    Hujan Sejak Rabu Sore, Akses Ujuang Labiah Simaruok Agam Putus Total

    Hujan Sejak Rabu Sore, Akses Ujuang Labiah Simaruok Agam Putus Total HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Lubuk Basung sejak Rabu (23/7/2020) sore, mengakibatkan tanah longsor di Dusun Simaruok, Jorong II, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung. Material longsor yang menut.
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 11:46:00 WIB

    Pasca Longsor, Akses Simaka Kembali Terputus

    Pasca Longsor, Akses Simaka Kembali Terputus HARIANHALUAN.COM - Akses jalur Sicincin-Malalak-Balingka (Simaka) tepatnya di Batu Apik, Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, kembali terputus..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]