Pemkab Pasbar akan Berikan Satu Unit Ambulans untuk Masyarakat Sikilang


Rabu, 29 Juli 2020 - 21:00:13 WIB
Pemkab Pasbar akan Berikan Satu Unit Ambulans untuk Masyarakat Sikilang Aliansi Masyarakat Peduli Keadilan (AMPEK) saat melakukan aksi di Kantor Bupati Pasaman Barat.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) akhirnya mengabulkan tuntutan Aliansi Masyarakat Peduli Keadilan (AMPEK), yang melakukan aksi di depan Kantor DPRD dan Kantor Bupati Pasbar, Rabu (29/7/2020). Pemka berjanji akan memberikan satu unit ambulans sebelum lebaran Idul Adha, sebagai sarana layanan kesehatan bagi masyarakat Sikilang.

Sekretaris Pemkab Pasbar, Yudesri saat menemui dan melakukan audensi dengan perwakilan pengunjuk rasa menyepakati, untuk mengabulkan sebagian tuntutan masyarakat. Salah satunya, akan memberikan ambulans untuk masyarakat Sikilang sebagai alat transportasi layanan kesehatan dan akan diantarkan dalam waktu dekat ini.

"Pemda akan berupaya memenuhi tuntutan masyarakat, bahkan bapak bupati saat ini sedang di Jakarta untuk memperjuangkan kebutuhan masyarakat," ujarnya saat menemui pengunjuk rasa.

Yudesri menambahkan, sebelumnya pemda juga sudah menganggarkan pembangunan akses jalan menuju Sikilang, tapi terkendala covid 19. Namun akan dianggarkan lagi untuk tahun depan. Bahkan, bupati saat ini sedang di Jakarta berupaya mendapatkan ambulans amfibi dan pembangunan jalan pantai barat.

"Pemda bersama DPRD akan penuhi tuntutan masyarakat secara bertahap dan sesuai regulasi dan aturan," ungkap Yudesri.

Sementara itu, salah seorang masyarakat Sikilang, Ahmad Tedi kepada wartawan mengatakan, ia meminta kepada pemda agar dapat menepati janjinya untuk menyerahkan ambulans tersebut dalam waktu dekat ini. Ia juga mengatakan, kalau pemda ingkar janji, maka mereka akan menggelar aksi serupa dengan masa yang lebih banyak lagi.

"Sarana kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sikilang, kami harapkan agar pemda Pasbar dapat memenuhi janjinya," ungkap Tedi.

Dijelaskan, ribuan masyarakat Sikilang selama ini cukup menderita, bahkan beberapa orang diantara msyarakat Sikilang menghembuskan nafas terakhir di jalan sebelum sampai ke Puskesmas atau rumah sakit. Hal itu karena buruknya akses jalan yang dilalui dan tidak tersedianya ambulans untuk transportasi.

"Sarana kesehatan, akses jalan, serta jaringan data dan jembatan merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat, terlebih bagi kami masyarakat Sikilang yang jauh dari pusat kecamatan dan kabupaten," pungkasnya.

Setelah menyampaikan aspirasinya di Kantor DPRD dan Kantor Bupati Pasbar, akhirnya masyarakat dengan tertib membubarkan diri, dan kembali ke rumah masing-masing, menggunakan sejumlah mobil bak terbuka dan sepeda motor.(*)
 

loading...
Reporter : M. Fadli /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]