Dinas Pertanian Agam Bentuk Tim Pengawas Hewan Kurban


Senin, 27 Juli 2020 - 16:09:21 WIB
Dinas Pertanian Agam Bentuk Tim Pengawas Hewan Kurban Pemeriksaan hewan kurban di Dinas Peternakan Agam.

HARIANHALUAN.COM - Sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah 31 Juli mendatang, Dinas Pertanian Kabupaten Agam memastikan kesehatan dari hewan kurban yang digunakan untuk disemblih pada hari Ied nanti, terkait dengan hal tersebut, Dintan Agam membentuk tim pengawas dan pemeriksa kesehatan hewan kurban.

Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswan Hendri mengatakan, pembentukan anggota tim pengawas tersebut berjumlah 41 orang yang langsung turun langsung ke lapangan. “Tim terdiri dari dokter hewan dan petugas paramedik veteriner yang tersebar di setiap kecamatan,” ujar Iswan, Minggu (26/7/2020) kemaren.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah menjamin keamanan dan kelayakan daging hewan kurban dalam pelaksanaan ibadah hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020. Personel dibagi menjadi lima tim dan memiliki tanggung jawab di beberapa kecamatan untuk memastikan kesehatan hewan kurban.

Koordinator di Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya dan Tanjung Mutiara memiliki tujuh anggota, koordinator di Kecamatan Palembayan dan Ampek Nagari memiliki delapan orang anggota, di Kecamatan Matur Malalak IV Koto memiliki empat anggota. 

Koordinator di Kecamatan IV Angkek, Canduang, Banuhampu, Sungai Pua, sebanyak lima orang, dan koordinator di Kecamatan Kamang Magek, Tilatang Kamang, Baso, Palupuah, sebanyak enam orang serta tujuh orang pengawas di wilayah Kabupaten Agam.

“Masing-masing tim bertugas memantau dan melakukan pengawasan, mulai dari keberangkatan hewan kurban dari daerah asal, pengangkutan, penampungan, penyembelihan, hingga pemerikasaan organ dalam hewan kurban setelah disembelih,” jelasnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]