Masyarakat di Nagari-nagari Rasakan Manfaat Program PNPM Mulyadi


Senin, 27 Juli 2020 - 15:14:24 WIB
Masyarakat di Nagari-nagari Rasakan Manfaat Program PNPM Mulyadi Mulyadi

HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi dikenal sebagai tokoh yang inovatif. Berbagai program yang memberdayakan masyarakat diinisiasi oleh Mulyadi.

Salah satunya ialah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd). Program ini sukses membuat ekonomi masyarakat di nagari-nagari ikut bergerak.

Dari program tersebut, berbagai pembangunan tercipta. Sehingga memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Masyarakat di Kampung Tongah, Nagari Tanjuang Maua, Mungka, Agam kini telah merasakan jalan rabat beton. Berkat jalan yang dibangun, kini akses menuju wilayah yang sulit dijangkau bisa dilalui. Sehingga lahan tersebut bisa menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat di Tanjuang Maua.

"Alhamdulillah. Itu karena PNPM Masyarakat Pedesaan ada di kampung kami. Lahan tidur bisa diolah masyarakat sebagai sumber ekonomi karena akses sudah terbuka. Entah bagaimana jadinya, kalau PNPM MPd tak ada. Lahan luas tak termanfaatkan. Kampung kami yang tadinya terisolir, sejak ada PNPM MPd menjadi terbuka dan akses kian lancar,” kata Widiawati, warga setempat.

Bukan hanya masyarakat Agam yang merasakan manfaat dari program yang dibawa Mulyadi, masyarakat Padang Pariaman juga merasakan hal yang sama. Terutama untuk Kenagarian Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman.

Mereka memanfaatkan bantuan PNPM Mulyadi untuk membangun sumber air bersih bagi masyarakat. Hal itu sudah lama diimpikan masyarakat sana, yakni punya sumber air bersih sendiri.

“Tanpa PNPM Mandiri Pedesaan yang dibawa Pak Mulyadi mungkin kami sulit mendapatkan air bersih. Terima kasih, PNPM Mandiri Perdesaan,” kata Pak Ujang, warga Guguak Kuranji Hilir, Padang Pariaman.

Cagub Sumbar Mulyadi menekankan akan terus berjuang demi memajukan Ranah Minang. Dia menyampaikan dalam membangun Sumbar tidak bisa hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) saja. 

Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi agar masyarakat Sumbar bisa merasakan pembangunan. Sebagai putra asli Minangkabau, dia mengatakan akan totalitas berjuang bagi masyarakat Sumbar.

"Kalau kita mengandalkan APBD tanpa dukungan ABPN, kita bisa makin tertinggal dari provinsi tetangga kita. Maka dari itu pemimpin Sumbar ke depan harus kreatif dan inovatif dan mampu meyakinkan Kementerian dan DPR dalam rangka membawa anggaran pusat ke daerah sebanyak- banyaknya,” terang Mulyadi. (*)

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]