Israel Buat Alat Tes Korona, Hasilnya Bisa Diketahui dalam 30 Detik


Senin, 27 Juli 2020 - 12:20:05 WIB
Israel Buat Alat Tes Korona, Hasilnya Bisa Diketahui dalam 30 Detik ilustrasi wabah Korona

HARIANHALUAN.COM - Perusahaan NanoScent diberi mandat membuat alat tes Korona dan saat ini dalam proses pengembangan. Pengembangan alat ini dibawah pengawasan langsung dari Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan Israel. Sebab, kasus Covid-19 di Israel kembali tinggi dengan 1.000 kasus baru per hari dalam beberapa minggu terakhir pasca aktivitas sosial dibuka kembali.

"Kami mengambil suatu pola, mencatat pola itu dan kemudian kami dapat mendeteksi apakah seseorang terjangkit atau diduga terjangkit Covid-19," ungkap CEO NanoScent, Oren Gavriely pada AFP, Senin (27/7/2020) dikutip dari Channel News Asia.

Alat ini diberi nama Breathalyser yang bekerja memetakan aroma dan pola aroma dari masing-masing orang. Setelah menganalisa napas dari sekitar 1.000 pasien Covid-10 di Israel, NanoScent akhirnya mampu mengidentifikasi aroma yang berkaitan dengan virus. Tingkat akurasi alat ini mencapai 85%. 

Jika angka positif ini terus berlanjut, maka alat ini bisa langsung masuk ke tahap persetujuan dari regulator sebelum akhirnya diterjunkan ke masyarakat. Pemerintah Israel bakal menjual murah alat ini dengan harga US$10 untuk satu kali tes. Selain itu, Israel bakal menghemat dana cukup besar dalam upaya melakukan tes virus corona secara luas pada penduduk.

Alat ini menjadi harapan pemerintah dalam meningkatkan kembali kepercayaan rakyat Israel pada pemerintahnya dan memberikan rasa aman dalam beraktivitas. Selain upaya mencapai keseimbangan antara upaya pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]