Cegah Penyebaran Covid-19, PDHI: Sebaiknya Paket Daging Kurban Diantar Langsung


Senin, 27 Juli 2020 - 09:18:30 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, PDHI: Sebaiknya Paket Daging Kurban Diantar Langsung Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Guna menghindari penyebaran Covid-19, Perhimpunan  Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Provinsi Aceh menyarankan agar pembagian paket daging kurban pada hari raya Idul Adha mendatang dilakukan dengan diantar langsung ke rumah penerima. 

"Jangan sampai terjadi kerumunan saat pembagian daging kurban. Jadi sebaiknya daging kurban diantarkan saja ke rumah penerima," sebut Ketua PDHI Cabang Aceh Zulyazaini Yahya, Ahad, 26 Juli 2020.

namun jika tidak bisa mengantar ke rumah penerima, lanjutnya, panitia diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah seperti melakukan aksi jaga jarak physical distancing dengan baik.

Untuk PDHI sendiri, sebut Zulyazaini, diwajibkan untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) saat bertugas melakukan pemeriksaan dan pengawasan terkait hewan kurban, sebelum dan pada saat proses kurban. 

"Semua tim kita harus melengkapi diri dengan APD standar COVID-19. Harus menggunakan masker, kalau ada face shield atau baju hazmat silahkan dipakai. Tapi paling kurang sarung tangan dan masker," ujar Zulyazaini.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Agama pun telah mengeluarkan dua surat edaran berkaitan dengan ibadah Idul Adha. Salat id dan pemotongan hewan kurban dapat tetap dilaksanakan namun dengan memerhatikan protokol kesehatan. (*)

loading...
 Sumber : Tempo.co /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]