Kasus Covid-19 Hampir 100 Ribu, Pengawasan Protokol Kesehatan Harus Diperketat!


Senin, 27 Juli 2020 - 08:58:45 WIB
Kasus Covid-19 Hampir 100 Ribu, Pengawasan Protokol Kesehatan Harus Diperketat! Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra menyebut, dalam penerapan adaptasi kehidupan baru atau New Normal ini, pengawasan protokol kesehatan harus benar-benar diawasi secara ketat. Pasalnya, angka kasus konfirmasi positif Covid-19 atau virus corona di Indonesia sudah mencapai 98.778 orang terinfeksi. 

"Nyaris mencapai angka 100 ribu. Artinya, kasus covid-19 masih terus mengalami peningkatan," ungkpa Hermawan dilansir dari okezone.com. 

Pengawasa ketat protokol kesehatan ini, lanjut Hermawan, tidak hanya dilakukan di Ibukota Jakarta saja, tapi juga penting dilakukan diseluruh wilayah di Indonesia yang menjadi zona merah penyebaran covid-19 ini. 

"Berkaitan dengan faktor ekonomi, ekonomi harus diliat segmen prioritasnya cuma protokol harus tetap, minimal ada aktifitas tapi harus ada protokol dan pengawasan. Itu intinya bagi orang yang tak pake masker, orang yang mengabaikan itu," kata Hermawan lagi, Minggu (26/7/2020).

"Cuma saya ga tertuju langsung kepada Pemerintah DKI ini kaitannya dengan keadaan nasional, negara kita memang belum mempuyai kebijakan yang jelas dalam penangana covid. Jadi memang prioritas terkait nomenklatur perpres 82 ekonomi menjadi leading sektor sehingga kedepan itu arah penangan covid dibawah bayang ekonomi dan ketuanya aja Menko Perekonmian," paparnya.

Disisi lain, soal kenaikan kasus positif di DKI, menurut Hermawan, sebetulnya pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dinilai masih efektif dalam menekan angka virus corona.

"Jangan sampai gara-gara lengah dengan kondisi New Normal, terjadi pelonjakan kasus yang signifikan lagi. Jika terjadi, sebaiknya PSSB diberlakukan lagi," pungkasnya. (*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]