Gaji 13 Cair Bulan Agustus, Perencana Keuangan: Sisihkan Juga untuk Dana Darurat 


Senin, 27 Juli 2020 - 08:40:13 WIB
Gaji 13 Cair Bulan Agustus, Perencana Keuangan: Sisihkan Juga untuk Dana Darurat  Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Gaji ke-13 dipastikan cair pada bulan Agustus nanti. Dalam masa pandemi ini, pencairan gaji ke-13 PNS ini menjadi satu hal yang sangat dinanti-nanti. Setelah cair, bagaimana mengatur gaji ke-13?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan gaji ke-13 PNS bisa dialokasikan ke empat hal. Mulai dari dana pendidikan, cicilan, tabungan, hingga dana senang-senang. Masing-masing dialokasikan sebanyak 25%.

"Jadi 4 hal, buat sekolah anak, cicilan, tabungan, dan dana senang-senang. Pembagiannya 25% masing-masing," sebut Andy dikutip dari detikcom, Minggu (26/7/2020).

Andy mengingatkan agar para PNS tetap menyisihkan gaji 13-nya untuk dana darurat. Andy mengatakan minimal 25% gaji ke 13 harus dialokasikan menjadi tabungan.

"Alokasikan untuk ditabung sebagai investasi, paling penting sih buat tambahan dana darurat. Karena kondisi begini belum jelas pandeminya maka harus disiapkan dana darurat itu ditambahin terus," kata Andy.

Andy pun menyarankan kalau ada jumlah lebih dari gaji 13, ada baiknya dimasukkan menjadi dana darurat juga. Hal ini menjadi penting sebagai persiapan menghadapi kondisi krisis yang disebabkan pandemi.

"Karena kan kita mesti tambahin terus nih dana darurat, apalagi ada kekhawatiran resesi. Mending kalau ada dana lebih jadi dana darurat aja," ujar Andy.

Untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak, seperti liburan dan sebagainya, lanjut Andi, sebaiknya di rem dulu. "Kita tidak tahu kapan brakhirnya massa pandemi ini. Ada baiknya uang yang diterima disisihkan untuk ditabung serta digunakan untuk kebutuhan yang terpenting," pungkasnya. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]