HP Kamu Hilang? Begini Cara Melacaknya


Ahad, 26 Juli 2020 - 20:38:00 WIB
HP Kamu Hilang? Begini Cara Melacaknya Foto: MSPoweruser

HARIANHALUAN.COM - Ponsel hilang memang sebuah malapetaka yang tentunya tidak ingin kita hadapi. Namun, ini juga tak dapat dihindari jika  harus terjadi. Banyak hal yang dikhawatirkan dari hilangnya sebuah ponsel, mengingat zaman sekarang yang serba dinamis, digital, dan fleksibel.

Aplikasi yang terpasang di ponsel saat ini kebanyakan adalah aplikasi yang terhubung dengan data pribadi dan transaksi, ini menjadi hal yang sulit dihadapi jika harus kehilangan ponsel. 

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Minggu (26/7/2020), namun kamu tidak perlu khawatir berlebihan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan kembali ponselmu. Salah satunya melalui aplikasi Find My Device dan Gmail. Kebanyakan dari kita pasti memiliki akun Gmail yang aktif di setiap ponsel. Nah, berikut cara yang bisa kamu ikuti untuk melacak ponsel menggunakan aplikasi Find My Device:

1. Unduh Aplikasi Find My Device

Aplikasi ini harus kamu unduh dan pasang terlebih dahulu di perangkat lain, misalnya ponsel milik teman atau orang tua. 

2. Login Menggunakan Gmail

Inilah pentingnya mengingat email dan password Gmail. Dalam keadaan genting seperti kehilangan ponsel ini, kamu harus login dengan menggunakan akun Gmail di aplikasi Find My Device. Pilih opsi Sign In as Guest untuk masuk ke akun Gmail yang sesuai dengan akun Gmail di ponselmu yang hilang. 

3. Temukan Lokasi Ponsel

Sebelum menemukan di mana lokasi hilangnya ponselmu, Google akan meminta perizinan untuk mengakses lokasi. Klik Allow untuk melanjutkan dan secara otomatis, Find My Device akan menemukan lokasi terakhir ponsel kamu yang hilang. 

4. Temukan Petunjuk Arah

Jika kamu ingin menuju lokasi hilangnya ponsel seperti yang telah ditetapkan oleh Find My Device, ketuk ikon berwarna hijau. Ikon ini akan menunjukkan lokasi ponsel dan pilihlah opsi Google Maps. Fitur ini akan otomatis mengalihkan layar menjadi Google Maps untuk mengarahkan kamu ke lokasi hilangnya ponsel. 

Gimana, mudah bukan cara melacaknya? Untuk yang sedang kehilangan ponsel, semoga cara ini membantu kalian. Artikel ini bisa kamu simpan juga untuk berjaga-jaga jika terjadi kehilangan nantinya. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:08:05 WIB

    Nokia Kenalkan HP Baru Model Jadul, Segera Dirilis ke Pasar

    Nokia Kenalkan HP Baru Model Jadul, Segera Dirilis ke Pasar HARIANHALUAN.COM - Nokia kembali memperkenalkan feature phone baru berupa hp jadul berbentuk candybar, Nokia 215 dan 225. Kedua ponsel ini rencananya akan dirilis ke pasar global. Namun, pertama-tama ponsel ini meluncur di Ch.
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:18:42 WIB

    Mau Beli HP Second? Pelajari Dulu 5 Tips Ini

    Mau Beli HP Second? Pelajari Dulu 5 Tips Ini HARIANHALUAN.COM - Ganti smartphone tak mesti beli yang kondisinya baru. Ponsel second-hand alias bekas bisa menjadi alternatif jika ingin memiliki ponsel keluaran lain, tetapi memiliki dana terbatas. .
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:18:24 WIB

    Cara Unroot HP dengan Mudah, Bisa Pakai SuperSU

    Cara Unroot HP dengan Mudah, Bisa Pakai SuperSU HARIANHALUAN.COM - Para pengguna smartphone alias HP Android pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya 'root'. Root merupakan proses untuk membuka semua akses sistem Android agar kita dapat mengelola perangkat den.
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:06:35 WIB

    4 Cara Memperbaiki Kamera HP Buram, Bisa Pakai Pasta Gigi

    4 Cara Memperbaiki Kamera HP Buram, Bisa Pakai Pasta Gigi HARIANHALUAN.COM - Kecanggihan teknologi kamera HP saat ini bisa dibilang begitu jauh berkembang, bahkan bisa dikatakan hampir menyaingi kualitas jepretan kamera DSLR..
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 11:08:03 WIB

    Terbaru! Ahli: Virus Corona Tahan 28 Hari di HP dan Suhu Dingin

    Terbaru! Ahli: Virus Corona Tahan 28 Hari di HP dan Suhu Dingin HARIANHALUAN.COM - Penelitian terbaru menunjukkan virus corona bisa bertahan di permukaan handphone (HP) hingga 28 hari pada suhu dingin..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]