Jika Vaksin Corona Tak 'Berhasil', Ini Rencana Cadangan para Ahli


Ahad, 26 Juli 2020 - 15:04:02 WIB
Jika Vaksin Corona Tak 'Berhasil', Ini Rencana Cadangan para Ahli Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Perkembangan vaksin Corona di Amerika Serikat (AS) telah menunjukkan hasil yang baik. Bahkan, pakar kesehatan terkemuka di AS, Dr Anthony Fauci, menyatakan harapannya terhadap kemajuan perkembangan vaksin tersebut.

Namun, sejumlah pakar lain justru merasa khawatir dengan beredarnya kemajuan vaksin Corona. Sebab, masyarakat malah jadi terlena dan mengabaikan protokol kesehatan karena merasa yakin dan percaya vaksin akan segera ditemukan.

Beberapa kandidat vaksin Corona, seperti di Inggris dan China, menunjukkan kemajuan pengembangan yang positif. Namun, tidak menutup kemungkinan pada uji klinis selanjutnya yang jauh lebih besar akan mengungkapkan adanya efek samping yang serius atau batasan efektivitas dari vaksin tersebut.

Presiden Foundation for Research on Equal Opportunity, Avik Roy, berpendapat bahwa para pejabat harus membuat rencana dan berasumsi jika vaksin atau pengobatan lainnya tidak dapat terwujud.

"Saya menghabiskan belasan tahun sebagai investor di perusahaan biotech," ujar Roy.

"Ketika Anda terlibat dalam pengembangan pengobatan baru, Anda akan menyadari seberapa sering mereka gagal, seberapa sering data yang terlihat menjanjikan pada tahap awal tidak berjalan sesuai harapan pada tahap akhir," jelasnya.

Karena itu, dalam menghadapi skenario terburuk yang bisa saja terjadi, para ahli pun memberikan saran beberapa rencana cadangan seperti berikut ini:

- Meningkatkan kapasitas dan kecepatan pengolahan hasil tes Corona. Sehingga, dapat membantu dalam mendeteksi wabah agar tidak semakin lepas kendali.

- Merekrut dan melatih lebih banyak pelacak kontak dekat dan mengembangkan aplikasi digital untuk mempermudah pelacakan penyebaran virus.

- Menemukan perawatan yang efektif dan mempercepat pemulihan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan bertahan hidup pasien.

- Mantan pejabat kesehatan Obama, Andy Slavitt, menyerukan dorongan nasional untuk memproduksi masker N95 berkualitas tinggi agar bisa digunakan masyarakat umum dalam kehidupan sehari-hari.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 23:12:45 WIB

    Positif Covid Harus Segera Berobat, Ini Bahayanya Jika Tidak

    Positif Covid Harus Segera Berobat, Ini Bahayanya Jika Tidak HARIANHALUAN.COM - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo meminta agar masyarakat yang diketahui positif virus corona (Covid-19) harus segera mendapatkan penanganan agar tidak berakibat fatal. .
  • Sabtu, 10 Oktober 2020 - 21:28:33 WIB

    12 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Isolasi Mandiri di Rumah

    12 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Isolasi Mandiri di Rumah HARIANHALUAN.COM - Kasus positif virus corona atau Covid-19 bertambah setiap harinya. Sebagian besar masyarakat yang terinfeksi adalah orang tanpa gejala (OTG). Alhasil melakukan isolasi mandiri di rumah jika memiliki tanda-t.
  • Rabu, 23 September 2020 - 14:25:20 WIB

    Hati-hati, Penderita Hipertensi Sulit Sembuh Jika Terpapar Covid-19

    Hati-hati, Penderita Hipertensi Sulit Sembuh Jika Terpapar Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Kasus virus Corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini sangat mengakhawatirkan. Hal itu mendorong masyarakat untuk lebih berhati-hati dan tetap menjaga diri dengan selalu menerapkan protokol ke.
  • Rabu, 16 September 2020 - 18:45:50 WIB

    Bahaya yang Mengintai Jika Menurunkan Masker ke Dagu

    Bahaya yang Mengintai Jika Menurunkan Masker ke Dagu HARIANHALUAN.COM - Jumlah kasus virus Corona atau Covid-19 kian meningkat. Dengan menggunakan masker merupakan salah satu protokol penegahan tertular virus Covid-19..
  • Ahad, 13 September 2020 - 11:21:30 WIB

    Jika Mengalami Gejala Covid-19, Segera Lakukan 5 Hal Ini!

    Jika Mengalami Gejala Covid-19, Segera Lakukan 5 Hal Ini! HARIANHALUAN.COM - PENAMBAHAN kasus positif virus corona atau Covid-19 di DKI Jakarta naik dengan pesat. Tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan beberapa gejala mirip dengan Covid-19. Jika sudah seperti ini, apa yang harus di.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]