Maju di Pilkada Sumbar, Faldo Maldini: Kita Bicara Tentang Peran Mamak dan Kemenakan Memimpin Ranah Minang


Ahad, 26 Juli 2020 - 13:24:29 WIB
Maju di Pilkada Sumbar, Faldo Maldini: Kita Bicara Tentang Peran Mamak dan Kemenakan Memimpin Ranah Minang Faldo Maldini

HARIANHALUAN.COM - Memilih terjun ke dunia politik dan menjadi salah satu bakal calon kandidat gubernur Sumbar, Faldo Maldini mengakui bahwa ini sebagai jalan dari Tuhan. Sebelumnya, Ia sempat terhalang untuk melenggang merebut kursi nomor satu di Sumbar tersebut lantaran umurnya yang masih kurang satu hari. 

Namun setelah Covid-19 melanda Indonesia, umur yang kurang satu hari dibarengi dengan pilkada yang ditunda tiga bulan. "Bukan berarti adanya Covid-19 ini membawa keberuntungan bagi saya, hanya saja ini salah satu jalan yang ditunjukkan oleh Tuhan untuk diberikan kesempatan mengabdi kepada masyarakat Sumbar," katanya, Minggu (26/7/2020).

Lanjut Faldo, Ia berkeyakinan bahwa dirinya memiliki akses yang cukup untuk terjun sebagai kandidat kepala daerah, sedangkan beberapa orang di luar sana memiliki keinginan namun tidak memiliki akses yang cukup mudah dengan proses yang berbelit.

Terlepas nantinya akan menjadi gubernur atau bupati, hal yang terpenting yakni mengabdi untuk Sumbar kampung halamannya. Faldo menceritakan bahwa sebelumnya Ia pernah mengajukan banding ke MK mengenai kekurangan umur untuk pencalonan diri maju di pilgub Sumbar, namun ditolak. "Tapi saya bertekad untuk tidak berhenti, kalau saya berhenti berarti saya menyerah," tambahnya.

Dalam meramaikan kontestasi Pilkada Desember mendatang, Faldo Maldini akan menggandeng Febby Datuak Bangso (FDB). Bersama Febby atau yang akrab disapa Inyiak oleh Faldo merupakan langkah awal untuk terjun ke dunia politik memimpin Sumbar lima tahun mendatang.

"Ini ujian untuk anak muda berpolitik, beliau datang dan maju bersama PKB, kita sangat mendukung dan apresiasi, ayo Faldo maju sebagai calon gubernur Sumbar, saya akan mendukung dan berdiri di samping kamu," kata Faldo sambil mengulang perkataan Febby.

Faldo sangat menghormati FDB lantaran dikenal sebagai datuak di ranah Minang serta orang yang dituakan darinya. Pada Pilkada 2020 tidak hanya berbicara bagaimana proses dan siapa calonnya, melainkan bagaimana keadaan Sumbar kedepannya, kesejahteraan masyarakat, hal tersebut merupakan hal terpenting.

"Kita tidak hanya berbicara Sumbar untuk lima tahun ke depan, melainkan 10 hingga 25 tahun ke depan, bagaimana dan seperti apa nasib Sumbar, itu akan sangat bergantung pada pemimpinnya," ujarnya.

Sumangaik Baru adalah tagline yang diusung Faldo dan FDB untuk hadir mengisi ruang perpolitikan di Sumbar, menfokuskan pada masa depan masyarakat dengan tidak menghilangkan peran minang untuk masyarakatnya. Tawaran tidak hanya lima tahun kedepan namun bagaimana nasib Sumbar seterusnya, menjadikannya bangsa besar dan mengembalikan semangat Bung Hatta.

Diakui Faldo, mengenai komunikasinya dengan semua partai politik bagus, nantinya pasangan Faldo dan Febby akan keliling silaturahmi kepada semua parpol. "Saya yakin parpol pasti punya kepentingan tersendiri, namun hal yang kita inginkan di Sumbar, baik milenial dan senior terlibat demi kemajuan ranah Minang ini, kita akan berbicara tentang bagaimana peran mamak dan kemenakan terhadap nasib ranah Minang," katanya.

Apalagi saat suasana pandemi Covid-19, perekonomian masyarakat sedang hancur-hancurnya, star up juga hancur, pariwisata down. Faldo dan FDB hadir untuk membuka pola fikir masyarakat bahwa Sumbar memiliki potensi lain yang melimpah seperti tanah, pertanian, perikanan dan hasil laut, nantinya dari hal tersebut bisa dibangun infrastruktur. "Ini yang ingin kita bangun karena semua fasilitas tersebut berasal dari rakyat dan dikembalikan kepada rakyat," katanya. (*)
 

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]