Di Maskapai Ini Tugas Pilot Merangkap Jadi Pramugari


Ahad, 26 Juli 2020 - 12:56:16 WIB
Di Maskapai Ini Tugas Pilot Merangkap Jadi Pramugari Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Salah satu maskapai dari Islandia, Icelandair memecat semua awak kabin. Sebagai gantinya, pilot juga diharuskan memantau keselamatan penumpang.

Dikutip dari Travel+Leisure, maskapai Iceland telah mengumumkan untuk memberhentikan semua pramugari, setelah ada perselisihan perburuhan dengan serikat anggota kru sebulan lalu. Dampaknya, untuk sementara waktu pilot akan merangkap tugas sebagai pramugari.

"Icelandair akan secara permanen memutuskan hubungan kerja dengan anggota awak kabinnya saat ini dan secara permanen menghentikan hubungan kerja antara para pihak," kata pihak Icelandair dalam sebuah pernyataan.

Pilot memiliki tugas untuk menerbangkan pesawat, namun untuk saat ini dia juga bertugas mengawasi keselamatan orang-orang di dalamnya. Penerapan ini dimulai pada Senin (20/7).

Tapi, tak semua pekerjaan pramugari dilakukan pilot, seperti mendorong dan membagikan makanan dan minuman. Layanan akan semakin diminimalisir, bahkan pengurangan fasilitas juga telah dimulai sejak pandemi Corona berdampak pada maskapai ini.

Belum jelas apakah peraturan ini sah di wilayah di mana Iceland terbang, termasuk di Amerika Serikat dan Uni Eropa. Peran pramugari sangat dibutuhkan untuk membantu para penumpang.

Pramugari maskapai Delta Airlines misalnya, mereka melalui pelatihan dua bulan yang di dalamnya terdapat renang, CPR dan bagaimana cara mengevakuasi pesawat dalam waktu 90 detik.

Perwakilan maskapai, Asosiasi Awak Kabin Islandia, Otoritas Transportasi Islandia dan Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa belum menanggapi permintaan Business Insider untuk memberikan komentar. Sedangkan menurut juru bicara FAA, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) tidak memiliki wewenang untuk memberikan arahan, karena Iceland bukan maskapai Amerika.

Sama seperti maskapai penerbangan lainnya di tengah pandemi Corona, Icelandair mengalami penurunan jumlah penumpang. Pada Mei 2019, ada sebanyak 419.000 penumpang yang naik maskapai ini, tapi pada Mei 2020, maskapai hanya menerima 3.100 penumpang.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]