Amankah Olahraga Selama Masa Pandemi Covid-19? Ini Penjelasan dr Michael


Sabtu, 25 Juli 2020 - 12:00:20 WIB
Amankah Olahraga Selama Masa Pandemi Covid-19? Ini Penjelasan dr Michael Spesialis kedokteran olahraga yang juga direktur Slim & Health Sports Center Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO. Dok mediaindonesia

HARIANHALUAN.COM - Ada banyak pernyataan yang beredar di masyarakat mengenai olahraga selama masa pandemi Covid ini. Sebagian masyarakat meyakininya, sebagian juga menyangsikannya. Berikut adalah penjelasan dari dr Michael Triangto, SpKO, spesialis kedokteran olahraga yang juga direktur Slim & Health Sports Center Jakarta seputar rumor yang beredar tersebut.

Menurut dr Michael, olahraga di saat pandemi Covid-19 aman jika dilakukan di dalam rumah. Untuk mencegah penularan Covid-19, pemerintah menganjurkan agar sebaiknya berada di dalam rumah dan hal yang sama juga pada saat berolahraga. American College of Sports Medicine (ACSM) merekomendasikan agar menghindari tempat umum dan jaga jarak.

"Ini sejalan dengan anjuran dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) untuk tetap beraktivitas fisik di rumah agar kita dapat menekan resiko penularan serendah mungkin. Dengan demikian pernyataan diatas adalah fakta," kata dr. Michael dalam keterangan tertulis yang diterima Harianhaluan.com, Sabtu (25/7/2020).

Terkait berolahraga dengan menggunakan masker akan mengganggu kesehatan, dr Micahel menjelaskan, sebagaimana diketahui tubuh dapat terinfeksi Covid-19 melalui cara inhalasi.

Sehingga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan penggunaan masker akan bertindak sebagai barrier antara udara luar dan hidung maupun mulut yang akan menyaring udara sampai dengan 90% dan sama sekali tidak menghentikan aliran udara pernafasan.

"Dengan demikian penggunaan masker tidak akan mengganggu pernafasan termasuk juga saat berolahraga dengan intensitas ringan sampai dengan sedang karena disaat itu tubuh tidak membutuhkan udara pernafasan dalam jumlah banyak," ucap dr. Michael.

Walaupun ada rasa tidak nyaman tentunya dapat teratasi setelah penggunaan secara teratur tubuh akan terbiasa dalam menggunakannya.

"Selain itu penggunaan masker yang tepat dengan cara yang benar adalah bentuk tanggung jawab sosial kita untuk tidak terinfeksi dan menginfeksi orang lain yang berdampak pada diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara yang kita cintai ini. Dengan demikian pernyataan diatas adalah mitos," tandasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 01 Agustus 2020 - 07:48:50 WIB

    Ada Serum Anti Covid-19 dari Antibodi Kuda, Seberapa Amankah?

    Ada Serum Anti Covid-19 dari Antibodi Kuda, Seberapa Amankah? HARIANHALUAN.COM - Argentina tengah mempersiapkan uji klinis serum pasien positif Covid-19 dari antibodi kuda ntuk digunakan sebagai obat alternatif selain Avigan bagi perawatan pasien yang terinfeksi virus corona jenis baru .
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 06:21:41 WIB

    Waspada, Jamur Enoki dari Korsel Picu Wabah Listeria, Amankah Indonesia?

    Waspada, Jamur Enoki dari Korsel Picu Wabah Listeria, Amankah Indonesia? HARIANHALUAN.COM - Jamur enoki kini jadi perhatian karena dikaitkan dengan wabah listeria di beberapa negara. Dikutip dari detik.com, Jumat (26/6/2020), di Amerika Serikat sudah ada empat orang yang meninggal dan 31 dirawat .
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 10:25:03 WIB

    Amankah Sunat di Masa Pandemi Virus COVID-19?

    Amankah Sunat di Masa Pandemi Virus COVID-19? HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus Corona COVID-19 membuat banyak orang membatasi kunjungan ke fasilitas kesehatan. Bagi anak laki-laki, apakah sunat juga perlu ditunda?.
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 08:47:37 WIB

    Amankah Konsumsi Bawang Putih Selama Hamil?

    Amankah Konsumsi Bawang Putih Selama Hamil? HARIANHALUAN.COM -- Kehamilan adalah momen spesial dalam kehidupan seorang wanita. Disitulah waktunya menjaga diri dan kesehatan demi kelangsungan hidup janin yang sedang dalam masa pertumbuhan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]