Ini Kriteria Produk Digital Luar Negeri Dikenakan PPN


Jumat, 24 Juli 2020 - 23:24:41 WIB
Ini Kriteria Produk Digital Luar Negeri Dikenakan PPN ilustrasi pajak produk digital

HARIANHALUAN.COM - Ada tiga kriteria pembelian barang atau penerima jasa yang akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Pembeli akan dikenakan PPN sebesar 10 persen dari Dasar Pengenaan Pajak (DPP) atau nilai berupa uang yang dibayar belum terkena PPN. Lewat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 48 Tahun 202, pemerintah akan mengenakan PPN atas transaksi dari luar negeri melalui sistem elektronik.

“Konsumen yang diatur dalam PMK 48/2020 adalah orang pribadi atau badan baik yang melakukan transaksi melalui business to business (B2B) maupun business to consumer (B2C),” kata Direktur Peraturan Perpajakan I Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Arif Yanuar, Jumat (24/7/2020).

Pertama, pembelian barang atau penerima jasa berdomisili di Indonesia yang secara rinci alamat korespondensi atau penagihan pembeli terletak di Indonesia dan pemilihan negara saat registrasi di laman atau sistem yang ditentukan oleh pemungut PPN adalah Indonesia. 

Kedua, pembelian barang atau penerima jasa melakukan pembayaran menggunakan fasilitas debit, kredit atau fasilitas pembayaran lain yang disediakan oleh institusi di Indonesia. Ketiga, pembeli yang bertransaksi menggunakan alamat internet protocol di Indonesia atau menggunakan nomor telepon dengan kode telepon negara Indonesia. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 21:16:13 WIB

    Akses Broadband 4G LTE hingga Pelosok Negeri Kini Bukan Mimpi

    Akses Broadband 4G LTE hingga Pelosok Negeri Kini Bukan Mimpi HARIANHALUAN.COM - Telkomsel berupaya untuk memastikan pemerataan ketersediaan akses broadband di seluruh penjuru negeri yang mampu memberdayakan masyarakat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Hal tersebut pun berlaku bagi .
  • Ahad, 18 Oktober 2020 - 15:58:54 WIB

    Chat WA Tak Sengaja Terhapus? Lakukan Ini Biar Muncul Lagi

    Chat WA Tak Sengaja Terhapus? Lakukan Ini Biar Muncul Lagi HARIANHALUAN.COM - Mem-backup data adalah salah satu yang diperlukan. Backup bisa mengembalikan data penting untuk menghindari ketidaksengajaan atau ponsel tiba-tiba rusak..
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:46:16 WIB

    Dijamin Legal, Ini Situs Streaming Film di Indonesia

    Dijamin Legal, Ini Situs Streaming Film di Indonesia HARIANHALUAN.COM - Beberapa waktu belakangan ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah gencar memberangus banyaknya situs streaming film ilegal yang menghadirkan konten-konten bajakan..
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 12:18:42 WIB

    Mau Beli HP Second? Pelajari Dulu 5 Tips Ini

    Mau Beli HP Second? Pelajari Dulu 5 Tips Ini HARIANHALUAN.COM - Ganti smartphone tak mesti beli yang kondisinya baru. Ponsel second-hand alias bekas bisa menjadi alternatif jika ingin memiliki ponsel keluaran lain, tetapi memiliki dana terbatas. .
  • Sabtu, 17 Oktober 2020 - 11:28:43 WIB

    Mau Dapat Cuan dari Zoom? Simak, Begini Caranya

    Mau Dapat Cuan dari Zoom? Simak, Begini Caranya HARIANHALUAN.COM - Zoom baru saja meluncurkan OnZoom, yakni fitur untuk menjadwalkan dan memonetisasi acara virtual. Tak lupa, ada pula fitur mengintegrasikan panggilan Zoom dengan aplikasi bisnis..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]