Ini Alasan Data Harian Covid19 Tak Lagi Diumumkan Secara Lisan


Jumat, 24 Juli 2020 - 13:24:42 WIB
Ini Alasan Data Harian Covid19 Tak Lagi Diumumkan Secara Lisan Keterangan Pers Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

HARIANHALUAN.COM - Kasus harian Covid-19 tak lagi diumumkan oleh pemerintah secara lisan. Sebagai gantinya, masyarakat kini bisa mengakses bisa mengakses data melalui laman www.covid-19.go.id/petasebaran, yang akan dibikin secara real time.

Profesor Wiku Adisasmito, selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 mengatakan, data-data tersebut bisa diakses secara bebas oleh masyarakat dan media yang akan rutin diperbaharui setiap pukul 16.00 WIB.

"Data-data ini sudah bisa diakses masyarakat secara real time. Saat ini kami sedang berusaha agar data ini bisa diakses real time dan tak berbeda dengan data nasional dan daerah," ujarnya saat video conference di Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Tak diumumkannya lagi data harian kasus Covid-19 secara lisan, sebutWiku Adisasmito, bukan bermaksud untuk menutupi data. Namun pemerintah mulai mengajak semuanya semua lini untuk mendorong transparansi publik. "Silakan masyarakat kontrol apabila kondisi ada yang tidak sesuai," tegasnya.

Terkait dengan data real time, saat ini sedang dalam proses agar dapat diakses dengan mudah. Dia menyebut, 4 bulan pertama memang belum mampu untuk integrasi, mengingat adanya kendala yang dihadapi yaitu terkait dengan proses pengumpulan data.

"Kami harus mampu untuk sistem pendekatan terintegrasi yang bisa diterima termasuk Kemenkes," ujarnya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]