Penerimaan Pajak Mulai Membaik, Pemerintah Optimis Indonesia Masih Bisa Selamat dari Jurang Resesi


Jumat, 24 Juli 2020 - 12:00:31 WIB
Penerimaan Pajak Mulai Membaik, Pemerintah Optimis Indonesia Masih Bisa Selamat dari Jurang Resesi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penerimaan pajak Indonesia mulai membaik. Hal ini membuat pemerintah makin oprimis bahwa ancaman resesi bisa dihindari. Akumulasi hingga Mei, penerimaan pajak disebut minus 15%. Lalu membaik menjadi minus 12% hingga Juni dan hingga akhir tahun diproyeksikan minus 10%.

"Nah ini membuat kita sedikit lebih optimistis bahwa walaupun pertumbuhan ekonomi Q2 (kuartal II) akan negatif, kita untuk mengejar ke arah positif di Q3 itu peluangnya makin besar, demikian juga untuk Q4," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam sebuah webinar, Jumat (24/7/2020) yang dilansir detik.com.

Menurutnya membaiknya penerimaan pajak sebagai tanda bahwa aktivitas perekonomian mulai bergerak. Sedangkan sebelumnya terganggu oleh pandemi COVID-19.

"Jadi kalau kelihatan penerimaan perpajakannya tertekan berarti perekonomian lagi tertekan, kalau perpajakannya mulai rebound (bergerak naik) berarti itu menunjukkan perekonomiannya mulai rebound," sebutnya.

Dia menjelaskan pemerintah terus berupaya agar ekonomi Indonesia tidak sampai resesi di 2020.

Sementara ekonomi Indonesia pada kuartal II pun sangat diyakini bakal negatif. Jadi, syarat agar Indonesia tidak resesi adalah menjaga ekonomi di kuartal III tidak negatif. Sebab jika minus dua kuartal berturut-turut dipastikan resesi.

Di sisi lain, dia menyebut Indonesia walaupun sangat tertekan dengan segala tantangan yang dihadapi tapi relatif lebih tahan banting dibandingkan negara lain.

"Saat ini kita masih punya peluang untuk tidak masuk ke dalam resesi. Kalaupun resesi harapannya mungkin tidak terlalu dalam mungkin sekitar berada di sekitar 0% dan kalau lebih kecil dari itu mungkin sedikit di bawah 0%," tambahnya. (*)
 

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:15:28 WIB

    Realisasi Penerimaan Pajak di Sumbar Triwulan III Rp5,49 Triliun

    Realisasi Penerimaan Pajak di Sumbar Triwulan III Rp5,49 Triliun HARIANHALUAN.COM - Kineja penerimaan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumbar dan Jambi sampai dengan Triwulan III Tahun 2020 tercatat mengalami penurunan di tengah pandemi Covid-19 yang menyebabkan melemahnya pe.
  • Sabtu, 26 September 2020 - 06:40:09 WIB

    Dampak Pandemi Covid-19: Penerimaan Pajak Kemungkinan tak Capai Target

    Dampak Pandemi Covid-19: Penerimaan Pajak Kemungkinan tak Capai Target HARIANHALUAN.COM -- Tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19 berdampak pada seretnya setoran pajak. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menyebutkan, penerimaan pajak tahun ini ke.
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 19:05:33 WIB

    Dampak Pandemi, Penerimaan Pajak Turun Tajam

    Dampak Pandemi, Penerimaan Pajak Turun Tajam HARIANHALUAN.COM - Penerimaan pajak tahun 2020 akan turun dalam dari target yang ditetapkan sebesar Rp 1.198,8 triliun, yakni target sesuai postur APBN 2020 yang diatur dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2020..
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 15:53:01 WIB

    Sri Mulyani: Penerimaan Pajak Seret, Pendapatan Negara Minus 9,8%

    Sri Mulyani: Penerimaan Pajak Seret, Pendapatan Negara Minus 9,8% HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan mencatat pendapatan negara sebesar Rp 811,2 triliun atau tumbuh negatif 9,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1.699,9 triliun..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]