Kasus Covid-19 Jakarta Kembali Melonjak, Epidemiologi UI: Akibat Warga Bingung Soal PSBB Transisi


Jumat, 24 Juli 2020 - 09:20:24 WIB
Kasus Covid-19 Jakarta Kembali Melonjak, Epidemiologi UI: Akibat Warga Bingung Soal PSBB Transisi Ilustrasi

JAKARTA , HARIANHALUAN.COM - Lonjakan kasus Covid-19 di DKI Jakarta terjadi akibat warganya bingung dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase I. DKI Jakarta memberlakukan PSBB tapi pada waktu yang sama juga dilakukan transisi, semua akses publik dibuka.

"Jadi kan DKI itu memperpanjang PSBB transisi itu membingungkan masyarakat, karena dilakukan PSBB tapi pada waktu yang sama dilakukan transisi. Di buka segalanya mulai CFD dan lainnya, itu membingungkan masyarakat," kata Ketua Departemen Epidemiologi FKM UI, Tri Yunis Miko Wahyono  saat dihubungi Okezone, Jumat (24/7/2020).

Miko juga mengingatkan Pemprov DKI Jakarta tak terlena dengan Reproduction Number (Rt) penularan corona yang berada diangka 1 di Ibu Kota.

"Karena dia akan meningkat lagi jika menemui masa populasi yang gampang menular. Yaitu daerah kumuh," tuturnya.

Miko menerangkan, lonjakan hingga 470 kasus di DKI Jakarta berdasarkan data Kemenkes lantaran sudah terbongkarnya klaster penularan mulai dari pasar hingga ke perkampungan kumuh atau padat penduduk di Ibu Kota.

"Ini sudah terbongkar dan dia kena kontak tracing petugas," jelasnya.

Miko menambahkan, bahwa kasus Covid-19 yang terjadi di sejumlah perkantoran Ibu Kota harus segera ditemukan penyeban tertularnya. Ia pun menduga bahwa pekerja kantoran tersebut bisa saja terpapar corona saat berada di transportasi umum.

"Kalau mereka tidak tertular dari temennya yaitu (bisa) tertular dari transportasi umum. Dan itu bisa menjadi susah. Maka kemudian, kalau kemudian semua kantor tertular dari transportasi umum, maka Kemenhub bisa di PTUN kan. Dia telah melebarkan aktivitas transportasi dari 50 ke 70 persen, walaupun pertimbangannya ekonomi," tandasnya. (*)

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]