Kasus Positif Baru Kembali Melonjak, Pakar Kesehatan Minta Pemprov DKI Perketat PSBB


Jumat, 24 Juli 2020 - 07:24:43 WIB
Kasus Positif Baru Kembali Melonjak, Pakar Kesehatan Minta Pemprov DKI Perketat PSBB Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kasus positif baru corona di DKI Jakarta kembali melonjak. Kamis 23 Juli 2020, ada penambahan 470 kasus Covid-19 di Ibu Kota tersebut.

Hal ini membuat Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Syaputra meminta kembali Pemprov DKI Jakarta untuk memperketat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Dari awal saya konsisten menyampaikan bahwa di DKI itu kasusnya belum terkontrol, positivity rate masih fluktuatif, dengan demikian belum bisa dikatakan mereka harus melonggarkan," kata Hermawan saat dihubungi Okezone, Jumat (24/7/2020).

Hermawan meminta Pemprov DKI Jakarta mengevaluasi PSBB transisi fase I dengan memperketat kebijakan tersebut menjadi PSBB. Artinya, DKI diminta kembali memperketat sejumlah sektor yang telah dilonggarkan sebelumnya.

"DKI Jakarta sebagai miniatur Indonesia harus mengoptimalkan PSBB. Kebijakan DKI ini akan menajadi contoh untuk daerah lain," ujarnya

Dia menjelaskan, pembukaan sektor pariwisata sebelumnya hingga menyelenggarakan car free day (CFD) telah memberikan celah untuk penyebaran wabah corona.

Saat ini, lanjut dia, pelonggaran PSBB mengakibatkan sejumlah perkantoran menjadi klaster penyebaran Covid-19 di Ibu Kota.

"Jangankan kita bicara di perkantoran, ini klaster pemukiman pun terjadi. Jadi di permukiman, CFD itu resiko semua. Kalau sudah ramai susah mengontrolnya dan kasus yang diumumkan hari ini bukan mencerminkan kejadian hari ini tapi seminggu lalu," jelas dia. (*)
 

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]