Imbas Covid-19, Okupansi Hotel di Padang Hanya 40%


Jumat, 24 Juli 2020 - 06:17:02 WIB
Imbas Covid-19, Okupansi Hotel di Padang Hanya 40% Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar, Joni Mardianto.

HARIANHALUAN.COM - Sejak merebaknya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, termasuk di Sumbar berimbas kepada tingkat hunian (okupansi) hotel di daerah itu turun drastis. Sebagian hotel bahkan memilih merumahkan karyawannya sampai kondisi perekonomian kembali pulih.

Menurut Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar, Joni Mardianto, rata-rata tingkatan hunian hotel di Sumbar saat ini kisarannya tidak mencapai 50 persen.

"Sekarang rata-rata okupansi hotel di Sumbar dibawah 50. Di Padang kisaran 40 persen, kecuali di Bukittingi karena sudah mulai buka lagi pariwisatanya khusus Jumat, Sabtu, Minggu bisa mencapai 80 persen. Tapi dihari lain masih dibawah 50 persen," kata Joni kepada awak media, baru-baru ini.

Joni menuturkan, meluasnya pandemi Corona ini sangat berpengaruh besar terhadap pariwisata di Sumbar. Pihaknya bahkan menciptakan suatu gerakan dengan membuka kunjungan wisara gratis ke Ranah Minang. Banyak yang berminat tapi karena ada standar protokol kesehatan masyarakat mundur teratur.

"Dengang adanya tes ini itu segala macam, masyarakat jadi mempertanyakan aman gak di Sumatera Barat?. Seperti yang diketahui penanganan Covid-19 paling aman di Sumatera Barat. Tapi hal itu juga tidak menjamin orang mau berwisata ke Sumatera Barat," ucap Joni.

Untuk menggejot perekonomian, kata Joni, GIPI akan mencoba menjadi motor penggerak kegiatan berupa tourism world. Lantaran, selama ini masih dikendalikan pemerintah. Apalagi pandemi ini menjadi peluang bagi asosiasi pariwisata untuk memperbaiki pelayanan.

"Terutama tentang masalah kebersihan. Kita sama-sama tahu masalah yang paling kursial di Sumatera Barat adalah terkait kebersihan," ujar Joni.

Dengan begitu, lanjut Joni, kabupaten dan kota di Sumbar mempunyai peluang untuk menjaga kebersihan di destinasi masing-masing. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]