Akhir Bulan Ini, Menko Luhut Izinkan Pelancong Lokal Wisata ke Bali


Kamis, 23 Juli 2020 - 13:38:19 WIB
Akhir Bulan Ini, Menko Luhut Izinkan Pelancong Lokal Wisata ke Bali Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, mulai 30 Juli turis domestik diperbolehkan mengunjungi Bali. Dibukanya wisata di Bali ini untuk mendorong serta membangkitkan sektor pariwisata, ekonomi kreatif, yang kini mati suri. 

Tercatat 300.000 perjalanan dilakukan oleh pelancong lokal di seluruh Indonesia, sepanjang 2019. Rencananya pemerintah membuka seluruh lokasi wisata di Bali. Efek dari perjalanan turis domestik di sektor pariwisata tergolong besar, yakni menyumbang 55 persen produk domestik bruto (PDB).

"Mulai kuartal III tahun ini kami mencoba melakukan peningkatan turis domestik secara bertahap sampai ke 70 persen," kata Luhut dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Luhut menjelaskan, upaya mendorong kembali perjalanan wisatawan domestik ini, diikuti pembenahan sarana dan prasarana umum, khususnya di lokasi wisata alam. Alasannya, setelah pandemi korona, tren wisata akan bergeser dari wisata kota ke wisata alam. "Tren menunjukkan wisatawan domestik akan berkunjung ke kota penyangga yang memiliki alam yang indah dan bersih," kata Luhut. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]