Santri Perguruan Thawalib Padang Panjang Mulai Beraktivitas


Kamis, 23 Juli 2020 - 11:02:46 WIB
Santri Perguruan Thawalib Padang Panjang Mulai Beraktivitas Santri Thawalib Putri sedang diberikan Pembinaan Bahasa Arab di kelas.

HARIANHALUAN.COM - Santri Perguruan Thawalib Padang Panjang telah memulai berbagai aktifitas dalam bentuk tatap muka. Kegiatan menjelang dimulainya Proses Belajar Mengajar (PBM) pada awal Agustus ini lebih banyak diisi dengan kegiatan pengenalan dan motivasi yang disampaikan oleh Pimpinan Perguruan Thawalib serta majelis guru.

Wakil Sekretaris Yayasan Thawalib Fahmi, S.Th,I, Kamis 23 Juli menjelaskan, sejak kedatangan santri Thawalib Putra masuk asrama Senin (20/7/2020), maka dirancang kegiatan menjelang dilaksanakannya PBM awal Agustus ini. 

"Para santri yang sudah berada di asrama, maka diadakan berbagai kegiatan setiap hari dengan melibatkan Pimpinan Perguruan Thawalib Buya Zulkarnaini dan para majelis guru dan guru asrama," ujarnya.

Dijelaskan Fahmi, kegiatan yang dilakukan pada umumnya bersifat pengenalan terhadap Perguruan Thawalib kepada santri baru, serta memberikan motivasi serta pengetahuan kepada seluruh santri yang ada. "Karena formal dimulainya belajar tatap muka di awal Agustus, maka sekarang kita isi berbagai kegiatan di asrama, sehingga para santri memiliki aktifitas sehari hari," ujarnya.

Para santri Thawalib Putra datang secara bergiliran sejak Senin 20 Juli sampai awal Agustus. Kata Fahmi, para santri yang sudah masuk asrama, dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Pemko Padang Panjang, yakni pemeriksaan secara swab.

Guru Asrama Thawalib Putra  Azhari Andi, S.Ag, M.Ag menambahkan, pihaknya telah menyusun agenda kegiatan bagi santri sampai awal Agustus mendatang. Kegiatan yang diadakan bersifat pemberian motivasi yang disampaikan para majelis guru Thawalib. "Para santri kita berikan pemahaman bagaimana belajar di Thawalib, pengenalan lingkungan sampai memberikan motivasi untuk sukses jadi santri," kata Azhari Andi.

Kegiatan para santri, lanjut Azhari Andi mulai pukul 07.30 wib sampai pukul  11.30 Wib. Selanjutnya, para santri melakukan aktifitas di masjid untuk shalat berjamaah serta diberikan pengajaran tentang tahfiz quran, bahasa arab maupun bahasa Inggris. 

"Jadi selama santri di asrama sudah full aktifitas mereka," jelasnya.

Aktifitas Santri

Sementara, Koordinator Tim Gugus Tugas Covid 19 Thawalib Putri Murefli menjelaskan, kegiatan santri Thawalib Putri yang masuk asrama sejak tanggal 16 Juli juga dilakukan dengan melibatkan guru dan guru asrama. "Alhamdulillah berbagai aktifitas santri putri telah dilaksanakan setiap hari," katanya.

Kegiatan untuk santri putri seperti pembinaan akhlak, pembinaan ibadah, pembinaan bahasa termasuk pengenalan lingkungan asrama dan sekolah. "Setiap hari dibuat jadwal kegiatan yang diikuti oleh seluruh santri, sehingga mereka yang masuk asrama sudah melakukan aktifitas, termasuk aktifitas belajar tatap muka," kata Murefli.

Koord Guru Asrama Syafrita Huspika menambahkan, selama santri melakukan kegiatan dan aktifitas menjelang PBM tetap menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, sering cuci tangan, jaga jarak dan sebagainya.

"Para santri yang sudah masuk asrama mereka menjalani pemeriksaan kesehatan dengan swab dan selama beraktifitas menerapkan protokol kesehatan," kata Syafrita Huspika.

Para santri selama di asrama mendapatkan pelayanan katering, laundry yang telah disediakan pihak Yayasan Thawalib. Kemudian, santri didampingi oleh guru asrama setiap hari dalam melakukan aktifitas. (*)
 

loading...
 Sumber : rilis /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]