Luhut Sebut Lebih dari 2.000 Hotel Berhenti Beroperasi karena Pandemi


Kamis, 23 Juli 2020 - 10:08:26 WIB
Luhut Sebut Lebih dari 2.000 Hotel Berhenti Beroperasi karena Pandemi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pandemi corona telah memberikan dampak yang besar bagi sektor pariwisata dan turunannya. Akibat anjloknya jumlah wisatawan, ribuan hotel pun memutuskan menutup operasionalnya untuk sementara waktu.

“Lebih dari 2.000 hotel dan penginapan mengalami pemberhentian operasional. Ini menyebabkan penurunan permintaan terhadap bahan baku, misalnya minyak, telur, dan susu. Ini semua dampaknya sangat luas," ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Juli 2020.

Menyitir data Badan Pusat Statistik (BPS), Luhut mengatakan bahwa perjalanan wisata longsor mendekati 100 persen dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Kondisi ini, tutur dia, telah menyebabkan 180 ribu tenaga kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak.

Untuk mendongkrak kembali sektor yang tersungkur ini, ia menyebut pemerintah harus lebih dulu mendorong peningkatan turis domestik secara bertahap hingga 70 persen. Namun, pemulihan pariwisata harus disertai dengan protokol khusus untuk mencegah penyebaran wabah. “Saya titip daerah-daerah yang akan dikunjungi itu supaya betul-betul komplet (menjalankan) protokol kesehatan ini," kata Luhut.

Di samping itu, dia memandang perlu ada perubahan paradigma dari yang semula menekankan jumlah kunjungan wisatawan menjadi menitikberatkan nilai tambah pelancong. Untuk mendorong sektor pariwisata ini, Luhut mengimbuhkan, pemerintah telah melakukan sejumlah langkah untuk mulai membangun destinasi berkualitas. Dana yang tercatat untuk sektor ini tak tanggung-tanggung, yakni mencapai Rp 3,8 triliun.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama menjelaskan, sejumlah daerah telah mempersiapkan protokol kesehatan secara baik untuk membangkitkan sektor pelancongan. “Salah satunya Provinsi Bali,” tuturnya.

Bali kini melaporkan tingkat kesembuhan pasien terpapar virus corona mencapai 74 persen. Pemerintah daerah setempat menargetkan hingga akhir pekan nanti, tingkat kesembuhan pasien mencapai 80 persen. (*)

loading...
 Sumber : Tempo.co /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 Oktober 2020 - 20:49:09 WIB

    Eks Pejabat Tolak UU Ciptaker, Luhut: Anda Berdosa!

    Eks Pejabat Tolak UU Ciptaker, Luhut: Anda Berdosa! HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyentil mantan pejabat tinggi yang menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) hingga memancing aksi demonstrasi. Luhut menyarankan .
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 19:03:15 WIB

    Mohon Waspada! Luhut Buka-Bukaan Data Corona

    Mohon Waspada! Luhut Buka-Bukaan Data Corona HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menaruh perhatian terhadap besarnya kasus Covid-19 di Jawa Tengah. Pasalnya, ia melihat kenaikan kasus konfirmasi mingguan yang cukup.
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 10:03:12 WIB

    Menko Luhut dan Menkes Terawan ke China, Temui Pimpinan Produsen Vaksin Covid-19

    Menko Luhut dan Menkes Terawan ke China, Temui Pimpinan Produsen Vaksin Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, bertemu dengan pimpinan perusahaan produsen vaksin Covid-19, yakni Cansino, G42/Sinopha.
  • Jumat, 09 Oktober 2020 - 18:42:27 WIB

    RUU Cipta Kerja Disahkan, Luhut Ditelepon Bank Dunia

    RUU Cipta Kerja Disahkan, Luhut Ditelepon Bank Dunia HARIANHALUAN.COM - Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Rancangan Undang-undang Cipta Kerja, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, proses penges.
  • Kamis, 08 Oktober 2020 - 10:32:54 WIB

    Resah Timbul Klaster Baru, Luhut Minta Proses Isolasi Mandiri di Wisma Atlet Diperketat

    Resah Timbul Klaster Baru, Luhut Minta Proses Isolasi Mandiri di Wisma Atlet Diperketat HARIANHALUAN.COM – Menko Marves Luhut Pandjaitan minta agar Wisma Atlet, Kementerian Kesehatan dan perwakilan BUMN untuk terus waspada dengan faktor cuaca terkait dengan pengendalian penularan Virus Corona. Hal ini diungkap.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]