Masyarakat Keluhkan Paket Internet Mahal, Emeraldy Chatra: Sebaiknya Provider Ikut Meringankan Beban Siswa


Rabu, 22 Juli 2020 - 22:11:18 WIB
Masyarakat Keluhkan Paket Internet Mahal, Emeraldy Chatra: Sebaiknya Provider Ikut Meringankan Beban Siswa Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Mewabahnya virus corona atau Covid-19 tidak hanya berdampak pada perekenomian masyarakat namun juga pada sektor pendidikan. Akibat pandemi tersebut sejumlah sekolah mulai dari pendidikan anak usia dini hingga tingkat menengah atas, maupun perguruan tinggi diharuskan untuk belajar dari rumah (learning from home).

Akibatnya, siswa maupun orang tua diharuskan mengeluarkan kuota internet ekstra, apalagi ditambah dengan metode pembelajaran yang menggunakan video streaming. Banyak kalangan yang mengeluhkan hal tersebut, terlebih bagi keluarga yang berasal dari kurang mampu. Di samping pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, juga disertakan dengan kebutuhan paket data.

Karenanya, tak heran jika banyak para orang tua berharap agar adanya bantuan kuota internet dari pemerintah termasuk dari perusahaan di bidang provider.

Menyikapi hal ini, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Andalas, Emeraldy Chatra mengatakan bahwa sebaiknya provider ikut meringankan beban siswa maupun mahasiswa. Karena beban siswa ataupun mahasiswa juga termasuk beban para orang tua, sebagian besar dari mereka belum memiliki penghasilan sendiri.

"Pengeluaran untuk membeli paket data atau internet dapat meningkatkan belanja rumah tangga," katanya Rabu (22/7/2020).

Selain itu, adanya beban paket internet yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar (PBM) dapat mempersulit keuangan rumah tangga yang notabenenya sudah dipersulit oleh pandemi Covid-19 yang mewabah saat sekarang ini. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]