Penumpang Sepi Akibat Covid-19, Bandara Bertahan Hidup dari Kargo


Rabu, 22 Juli 2020 - 19:01:53 WIB
Penumpang Sepi Akibat Covid-19, Bandara Bertahan Hidup dari Kargo Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menjelaskan akibat pandemi covid-19 membuat bisnis penerbangan lesu. Ini berdampak sangat besar pula pada kondisi para operator bandara.

Untuk bertahan hidup, Angkasa Pura I bahkan sampai harus mengambil peluang di luar arus penumpang.

Faik Fahmi menjelaskan krisis yang dialami saat ini belum pernah terjadi sebelumnya. Karena itu, pihaknya merumuskan sejumlah strategi yang sebelumnya juga belum pernah dilakukan.

"Ini krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya sehingga kami identifikasi risiko terhadap strategi kita, keuangan kita, dan operasional kita," ujarnya dalam sebuah webinar, Rabu (22/7/20).

Dikatakan, meski tengah tertekan namun bandara masih harus menjaga layanan operasional tetap prima. Dia pun mencetuskan 'obat mujarab' bernama survival strategy.

"Untuk menyelamatkan bisnis, kami punya yang namanya survival strategy. Di mana kita fokus kepada cashflow. Bayangkan dengan kondisi pendapatan yang menurun signifikan, tapi kita juga harus mengeluarkan biaya karena memang kita harus tetap beroperasi," urainya.

Dikatakan, ada 2 strategi sekaligus yang diterapkan dalam waktu bersamaan yakni revenue enhancement. Angkasa Pura I ingin meraih pendapatan dari luar bisnis inti yang selama ini dilakukan.

"Itu kita banyak melakukan aktivitas peningkatan portofolio bisnis yang tidak berhubungan dengan traffic penumpang. Termasuk di sini inisiatif pengoperasian pesawat fraighter cargo," paparnya.

Faik Fahmi bilang, sebelumnya pihaknya tak memiliki layanan operasi ini. Namun saat ini terdapat 9 kali penerbangan kargo per pekan di rute domestik, bekerja sama dengan Pelita Air untuk menutup arus kas perusahaan.

"Ini bagian dari program revenue enhancement yaitu memanfaatkan angkutan logistik. Karena kalau di udara itu logistiknya tergantung pada angkutan penerbangan penumpangnya. Nah dengan banyaknya penerbangan penumpang yang cancel, angkutan kargonya menjadi tidak terangkut. Sehingga ini jadi opportunity kita," urainya.

Dia mengaku, animo penumpang di bandara memang turun drastis akibat pandemi Covid-19. Dikatakan, jumlah penumpang yang biasanya 7,5 juta per bulan, pada Mei 2020 hanya mencapai 75 ribu penumpang.

"Bisa dibayangkan hampir 99% trafik kita turun signifikan. Namun Alhamdulliah dengan kondisi sekarang situasi makin baik. Sampai Juli hasil pantauan kita rata-rata penerbangan sudah 35% dari normal," katanya. (*)

loading...
 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 11:46:12 WIB

    New Normal, Ojol di Padang Masih Sepi Penumpang

    New Normal, Ojol di Padang Masih Sepi Penumpang HARIANHALUAN.COM - Sejumlah ojek online (ojol), mengalami pasang surut, usai dicabutnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), oleh Pemprov Sumbar pada beberapa waktu lalu..
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 14:20:54 WIB

    Penumpang Meningkat, Bandara AP II Buka Kapasitas Penerbangan 70 Persen

    Penumpang Meningkat, Bandara AP II Buka Kapasitas Penerbangan 70 Persen HARIANHALUAN.COM - Volume penumpang pesawat mulai merangkak naik di bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II memasuki era normal baru dan dibukanya kapasitas penerbangan hingga 70 persen..
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 08:49:49 WIB

    Begini Aturan Ojol Bawa Penumpang saat New Normal

    Begini Aturan Ojol Bawa Penumpang saat New Normal HARIANHALUAN.COM - Ojek online (ojol) telah kembali diizinkan mengangkut penumpang, bahkan di daerah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sekalipun. Sebelumnya, ojol cuma boleh membawa makanan dan barang saja..
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 15:25:17 WIB

    Dahlan Iskan Buka Suara Soal 'Penumpang Gelap' Cetak Uang Vs Cetak Utang

    Dahlan Iskan Buka Suara Soal 'Penumpang Gelap' Cetak Uang Vs Cetak Utang HARIANHALUAN.COM - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan buka suara mengenai polemik cetak uang dan utang dalam web pribadinya disway.id. Dahlan mengutarakan pandangannya tersebut melalui tulisan berjudul 'Kuda Gelap'..
  • Jumat, 24 April 2020 - 07:19:06 WIB

    Pelabuhan Merak Tak Layani Penumpang Mudik Mulai Hari Ini

    Pelabuhan Merak Tak Layani Penumpang Mudik Mulai Hari Ini CILEGON, HARIANHALUAN.COM - General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merek, Hasan Lessy menyampaikan Pelabuhan Merak, Banten, tidak akan melayani penumpang yang akan menyeberang menuju Bakauheni mulai Jumat (24/4). At.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]