Teken MoU, Mahasiswa PNP Bisa Magang di Dinas Pariwisata


Rabu, 22 Juli 2020 - 16:36:06 WIB
Teken MoU, Mahasiswa PNP Bisa Magang di Dinas Pariwisata Direktur PNP Surfa Yondri menyerahkan cindera mata kepada Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial didampingi Wakil Direktur 1 PNP, Revalin Herdianto, dan Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar, Joni Mardianto. Foto: Milna

HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Dinas Pariwisata Sumbar dan Asosiasi Pariwisata dalam rangka pengembangan program Sumber Daya Manusia (SDM) di Pariwasata. Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan di Gedung C PNP, Rabu (22/7/2020).

Penandatangan dilakukan oleh Direktur PNP Surfa Yondri, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial didampingi Wakil Direktur 1 PNP, Revalin Herdianto, dan Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar, Joni Mardianto.

Surfa Yondri mengatakan, dengan perjanjian ini yang pertama dilakukan adalah mensosialisasikan bahwa di Politeknik ada Program Studi (Prodi) Usaha Perjalanan Pariwisata. Ini perlu disampaikan ke masyarakat, karena Politeknik merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi dan mempunyai prodi pariwisata.

"Dengan adanya prodi Usaha Perjalanan Wisata tentu didalam prosesnya, baik perancangan kurikulum, dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, dalam pemagangan, dan masalah penempatan. Tentu kita butuh mitra, salah satunya Dinas Pariwasata, dan Asosiasi Pariwisata," kata Surfa Yondri.

Orang nomor satu di PNP itu menambahkan, selama ini didalam prosesnya sudah berjalan, namun pihaknya ingin lebih meningkatkan. Apalagi kini dicanangkan kampus merdeka dan merdeka belajar, artinya ini mengharuskan kampus terlibat dengan industri. Begitu juga sebaliknya.

"Ini adalah upaya kita membawa industri ke kampus supaya pihak industri juga ikut terlibat aktif dalam proses pelajaran yang ada di Politeknik Negeri Padang," ulas Surfa Yondri.

Dengan begitu, Surfa Yondri berharap lulusan Politeknik dari prodi Usaha Perjalanan Pariwisata bisa diterima di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial menuturkan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam penunjang pariwisata adalah dengan menyiapkan tiga Ranpergub tentang standarisasi pembangunan pengembangan objek wisata. Pergub tentang mekanisme perhitungan data kepariwisataan. Pergub tentang pembangunan ekonomi kreatif berbasis kepariwisataan.

"Kemudian Pergub Promosi Bersama Lintas OPD. Jadi kita mulai dari Pergub tersebut," ujar mantan Kepala Disdukcapil Sumbar itu.

Menurut Novrial, salah satu hal penting dalam pengembangan pariwisata adalah sumber daya manusia. Perilaku masyarakat dalam berwisata perlu ditingkatkan. Artinya ada berbagai masukan dari wisatawan tentang bagaimana reaksi masyarakat di Sumbar dalam menerima kunjungan wisata.

"Itu paling penting perannya adalah PNP, akademisi, UNP, Muhamaddiyah untuk membentuk frontliner pariwisata kedepan yang memang bertindak sebagai pelaku dan tuan rumah yang baik di sektor mana saja. Jadi nanti lulusannya bisa masuk ke hotel, industri, guide, pelaku wisata," imbuh Novrial. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]