Hingga Juni, 11.740 Orang Wisatawan Berkunjung ke Dharmasraya


Rabu, 22 Juli 2020 - 15:11:49 WIB
Hingga Juni, 11.740 Orang Wisatawan Berkunjung ke Dharmasraya Objek wisata Lubuk Karak, yang berada di Nagari Lubuk Karak Kecamatan IX Koto, yang saat ini sedang diupayakan pengembangannya oleh Disbudparpora Kabupaten Dharmasraya, bekerja sama dengan kelompok masyarakat sadar wisata di nagari tersebut. Foto Dok Disbudparpora Dharmasraya

HARIANHALUAN.COM - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu periode Januari hingga Juni 2020 mencapai angka 11.740 orang. 

"Puncak kunjungan pada periode tersebut terjadi pada Januari 2020 dengan jumlah kunjungan sebanyak 5.480 orang," ungkap Kepala Dinas Budparpora setempat, H ST M Taufik SE MM, melalui Kasi Pembinaan Usaha, Tarmizi, di Dharmasraya, Rabu (22/07). 

Menurutnya, puncak kunjungan itu terpicu seiring pelaksanaan puncak kegiatan Festival Pamalayu, yang digelar pihak pemerintah daerah setempat sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan 16 tahun berdirinya Kabupaten Dharmasraya. 

Terhadap destinasi yang paling diminati, lanjutnya, situs bekas bangunan Candi Padang Roco dan Candi Pulau Sawa yang merupakan jejak sejarah kedatangan pasukan salah satu kerajaan besar di Pulau Jawa, Singhasari, pada masa keemasannya, memiliki tingkat minat tertinggi untuk dikunjungi pelancong. 

Sementara untuk tingkat hunian hotel dan penginapan yang ada di daerah itu, pada periode yang sama tercatat sebanyak 5.242 orang yang tersebar pada sebanyak 12 penginapan berbagai kelas kamar hunian. 

"Tingkat kunjungan terendah terjadi mulai awal Maret 2020, seiring diberlakukannya sejumlah pembatasan gerak akibat merebaknya penyebaran virus Covid-19," ujarnya. 

Kondisi itu, lanjutnya, menjadi pukulan cukup berat bagi dunia usaha kepariwisataan di daerah itu, dan secara tidak langsung berimbas pada pendapatan daerah dari sektor distribusi hotel dan rumah makan. 

Disinggung tentang minat masyarakat mengembangkan potensi wisata yang ada dilingkungan sekitarnya, ia menilai sejauh ini keinginan itu cukup tinggi baik dilakukan secara perorangan maupun melalui kelompok-kelompok masyarakat sadar wisata. 

"Sejauh ini, minat tersebut dapat dilihat dari bermunculannya unggahan-unggahan masyarakat dalam menginformasikan keindahan bentang alam yang ada," tutupnya. 

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya, memproyeksikan sedikitnya sebanyak 17 titik destinasi yang akan dikembangkan menjadi objek wisata unggulan di daerah itu. 

"Destinasi tersebut kami bagi menjadi enam klaster pengembangan yakni klaster wisata alam, wisata buatan, wisata olahraga, wisata budaya, wisata religi dan wisata kuliner," ungkap Kasi Pembina Usaha pada dinas tersebut, Tarmizi, di Dharmasraya, Selasa(21/07).(*)
 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 10:49:35 WIB

    Jangan ke Yogya Dulu hingga Agustus, Ini Alasannya

    Jangan ke Yogya Dulu hingga Agustus, Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM - Turis umum dari luar daerah diimbau menunda kunjungan ke Yogyakarta hingga Agustus, pasalnya saat ini Pemerintah Kota Yogyakarta masih memantapkan berbagai protokol pencegahan COVID-19 di sejumlah destinasi.
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 22:12:46 WIB

    Museum hingga Pantai Ancol Dibuka 8 Juni 2020

    Museum hingga Pantai Ancol Dibuka 8 Juni 2020 HARIANHALUAN.COM -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan objek wisata di Ibu Kota dibuka secara bertahap dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Pantai Ancol, perpustakaan, hingga museum di Jakarta dijadwalkan bu.
  • Kamis, 30 April 2020 - 19:38:14 WIB

    Deretan Bahasa Asing Paling Mudah Dipelajari Hingga Tingkat Dewa

    Deretan Bahasa Asing Paling Mudah Dipelajari Hingga Tingkat Dewa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kemampuan berbahasa asing bakal membantu traveler saat melancong ke negara lain. Ini peringkat termudah hingga tersulit bahasa asing untuk dipelajari..
  • Sabtu, 13 Juli 2019 - 19:53:17 WIB
    DARI FESTIVAL GASING INTERNASIONAL DI RIAU

    Lestarikan Permainan Rakyat Hingga Munculnya Club Gasing Tradsional

    Lestarikan Permainan Rakyat Hingga Munculnya Club Gasing Tradsional SIAK, HARIANHALUAN.COM - Setelah perdana dilaksanakan pada tahun 2018 lalu, tahun ini Pemerintah Kabupaten Siak kembali melaksanakan Festival Gasing Internasional ke-2 tahun 2019. Festival dibuka secara resmi oleh Gubernur Ri.
  • Ahad, 27 September 2015 - 18:40:45 WIB

    Riau Defisit Listrik Hingga 52 MW

    PEKANBARU, HALUAN — Kemarau yang cukup panjang yang terjadi dua bulan terakhir di Riau, tidak hanya berdampak pada kondisi udara yang diselimuti asap tetapi juga berdampak terhadap menurunnya daya listri.


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]