Mengaku Kolonel di Mabes TNI, Petani Ini Tipu IRT hingga Rp252 Juta


Rabu, 22 Juli 2020 - 15:01:46 WIB
Mengaku Kolonel di Mabes TNI, Petani Ini Tipu IRT hingga Rp252 Juta Kolonel TNI gadungan yang diamankan Polda Sumbar.

HARIANHALUAN.COM - Seorang petani asal Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman diringkus oleh jajaran Dirreskimum Polda Sumbar pada Senin (13/7/2020) lalu. Betapa tidak, dalam jangka waktu empat tahun, petani ini berhasil menipu ibu rumah tangga (IRT) di Padang hingga mencapai Rp252 juta.

Tersangka dugaan penipuan yang bernama Arik Day Chandra alias Erik ini memakai modus lama untuk menipu korban. Tersangka ini mengaku sebagai anggota TNI Angkatan Darat berpangkat Kolonel dan dinas di Mabes TNI. 

Tersangka meyakinkan korban dengan membantu mutasi menantu korban dari Kodam VI Mulawarman Kalimantan Selatan ke Kodam I Bukit Barisan Sumatera Utara.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu dalam jumpa pers yang digelar Rabu (22/7/2020) mengatakan, penangkapan terhadap tersangka ini bermula dari laporan polisi nomor: LP/85/IV/2019/SPKT Sbr tentang dugaan tindak pidana penipuan tanggal 8 April 2019.

"Kejadiannya pada Februari 2016 lalu. Korban percaya dan menyepakati dengan mengirimkan uang hingga Rp252 juta," katanya.

Satake menyebut, setelah korban menyerahkan uangnya, janji tersangka ini tak kunjung juga direalisasikan. Makanya, setelah menunggu dua tahun lebih, korban pun melapor ke Polda Sumbar. Disebut Satake, aksi penipuan itu terjadi pada Februari 2016 dan korban baru melapor pada April 2019 karena menunggu itikad baik dari tersangka dan merasa dirugikan.

"Menindaklanjuti laporan tersebut, tim Subdit IV Ditreskrimum Polda Sumbar, melakukan penyelidikan. Begitu mendapatkan informasi keberadaan Erik di Kayu Tanam, Padang Pariaman, polisi langsung melakukan penangkapan pada Senin (13/7/2020) dan ditahan di Rutan Polda Sumbar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Bulizar Rahmat /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]