Ini Profil Wiku Adisasmito, Jurbir Satgas Penanganan Covid-19


Selasa, 21 Juli 2020 - 22:39:49 WIB
Ini Profil Wiku Adisasmito, Jurbir Satgas Penanganan Covid-19 Komite Tugas Covid-19, Wiku Adisasmito (foto: ist)

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020, tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, maka kini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berubah menjadi Satgas Penanganan Covid-19.

Sehingga, jabatan Achmad Yurianto sebagai Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona (Covid-19) digantikan oleh Prof. Wiku Adisasmito yang sebelumnya telah menjabat sebagai Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Wiku kini menjadi Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19.

“Sebagaimana telah disampaikan oleh Menko Perekonomian Bapak Airlangga selaku Ketua Komite kebijakan dalam pernyataan persnya siang ini Presiden Republik Indonesia telah menunjuk saya sebagai Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19,” kata Wiku dalam keterangan Pers terkait Update Data Nasional di Istana Presiden, Selasa (21/7/2020).

Wiku lahir di Malang, 20 Februari 1964, menamatkan pendidikannya dari IPB Bogor tahun 1988 sebagai Dokter Hewan.

“Beliau meraih Master of Science (MSc.) dari Colorado State University (CSU) pada tahun 1990 dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) pada tahun 1995,” dikutip dari laman staff.ui.ac.id.

Wiku merupakan Guru besar yang mendalami kebijakan kesehatan di bidang sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi ini berkiprah aktif dalam jejaring Tri Dharma di tingkat Internasional dan nasional.

“Beliau adalah seorang staf pengajar di Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia untuk beberapa mata kuliah sarjana dan pascasarjana terkait analisis dan pembuatan kebijakan kesehatan,” dalam laman website.

Dari beberapa karya ilmiah yang pernah ia teliti, sebagian besar penelitian yang dilaksanakan sejak tahun 1992 sebagian besar bertemakan sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi. Bahkan, dari penelitiannya Wiku juga pernah berperan sebagai Principal Investigator dari Indonesia sehingga mampu memposisikan Universitas Indonesia secara strategis dalam kerjasama penelitian dan publikasi ilmiah Internasional.

Bahkan, Wiku telah berperan sebagai anggota panel ahli dalam Komisi Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza (Komnas FBPI). Ia juga memiliki peran signifikan sebagai Steering Committee mewakili Indonesia dalam jejaring Asian Partnership for Emerging Infectious Disease Research (APEIR).

Pada tahun 2011, beliau dipercaya sebagai Dewan Eksekutif CORDS (Coordinating Organizations of Regional Disease Surveillance) dalam jejaring internasional surveilans penyakit. Beliau juga berperan aktif dalam South East Asia One Health University Network (SEAOHUN) antar universitas se-Asia Tenggara.

Kemudian, pada periode 2007-2012 Wiku dipercaya menjadi Direktur Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk mengelola kerjasama dan upaya melindungi serta memanfaatkan hak kekayaan intelektual UI. (*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]