Vaksin Corona Siap Digunakan Awal 2021, Yuk Simak Komentar Menkes Terawan


Selasa, 21 Juli 2020 - 21:44:19 WIB
Vaksin Corona Siap Digunakan Awal 2021, Yuk Simak Komentar Menkes Terawan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto

HARIANHALUAN.COM - Vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech, Ltd asal Cina telah tiba di Indonesia untuk diujicobakan kepada sampel di Tanah Air. Hal ini akan dilakukan oleh para ilmuwan bekerja sama dengan Bio Farma.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto angkat bicara ihwal vaksin Covid-19. Terawan bilang pihaknya akan menyiapkan personel untuk melakukan imunisasi serta menyiapkan anggarannya.

"Kemenkes menyiapkan personel untuk melakukan imunisasinya dan juga menyiapkan penganggarannya. Itu kami akan bahas bersama dengan Kemenkeu terutama dan mudah-mudahan semua berjalan lncar dan diridhoi oleh Tuhan YME," ujar Terawan usai mengikuti rapat intern dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito menerangkan, saat ini vaksin dari Sinovac Biotech akan diuji klinis tahap tiga di Indonesia.

"Jadi sekarang ini kita akan melakukan uji klinik phase 3. Tahap ketiga. Jadi ini tahap yang paling penting dan sudah tahap lanjut. Artinya sudah hampir kita sampai pada menemukan dan produksi vaksin tersebut," terang Penny.

BPOM, kata dia, menjamin validitas protokol uji klinis vaksin corona. Pihaknya juga akan mendampingi proses uji tersebut sehingga nantinya akan ada percepatan pemberian izin edarnya.

"Juga secara paralel proses produksi yang akan dilakukan oleh Bio Farma sudah akan kami dampingi dikaitkan dengan fasilitasnya. Sehingga memang nanti pada saat uji klinis selesai, kami memberikan izin edar, segera bisa kita edarkan, sudah didistribusikan," tutur dia.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan vaksin corona akan selesai diujicobakan pada awal tahun 2021. Setelah selesai nantinya vaksin tersebut akan diedarkan ke masyarakat melalui PT Bio Farma (Persero). (*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 22:30:28 WIB

    Proses Vaksinasi Covid-19 di RI Dimulai Bulan Depan

    Proses Vaksinasi Covid-19 di RI Dimulai Bulan Depan HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Indonesia bersiap melakukan vaksinasi kepada masyarakat yang akan dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. Berdasarkan keterangan Kementeriaan Kesehatan ada beberapa tata c.
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 20:24:07 WIB

    Nah Lho! Sri Mulyani Sebut Distribusi Vaksin Covid-19 Tak Mudah dan Mahal

    Nah Lho! Sri Mulyani Sebut Distribusi Vaksin Covid-19 Tak Mudah dan Mahal HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menyadari, dalam rangka melakukan vaksinasi virus corona atau covid-19 kepada seluruh masyarakat di Indonesia pasti akan menghadapi berbagai kendala. Mengingat Indonesia terdiri dari beberapa pul.
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 20:18:40 WIB

    Kemenkes Pastikan Tak Ada Efek Samping dari Vaksin Covid-19

    Kemenkes Pastikan Tak Ada Efek Samping dari Vaksin Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Indonesia menyebut vaksin yang akan disuntikkan kepasa 9,1 juta warga negara Indonesia pada bulan November dan Desember mendatang tidak memiliki efek samping. Akan tetapi, kepastian tidak adanya .
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 20:06:10 WIB

    Untuk Harga Pasti Vaksin Corona, Kemenkes Ajukan ke Kemenkeu Dulu

    Untuk Harga Pasti Vaksin Corona, Kemenkes Ajukan ke Kemenkeu Dulu HARIANHALUAN.COM - Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto mengatakan pada November hingga Desember akan ada 9,1 juta orang yang dapat divaksinasi. Nantinya pengadaan vaksi.
  • Senin, 19 Oktober 2020 - 18:26:59 WIB

    Vaksin Covid-19 Diprioritaskan untuk Masyarakat Usia 18-59

    Vaksin Covid-19 Diprioritaskan untuk Masyarakat Usia 18-59 HARIANHALUAN.COM - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Achmad Yurianto mengatakan masyarakat usia 18-59 tahun menjadi prioritas penerima vaksin covid-19. Hal tersebut.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]