Lizli, Bocah Penderita Gizi Buruk Tak Sengaja Ditemukan Petugas Coklit Dharmasraya


Selasa, 21 Juli 2020 - 18:58:42 WIB
Lizli, Bocah Penderita Gizi Buruk Tak Sengaja Ditemukan Petugas Coklit Dharmasraya Ainil Lizli Marcela, yang masih terbaring kurus di rumahnya.

HARIANHALUAN.COM - Tak secantik parasnya, Ainil Lizli Marcela, bocah berusia lima tahun putri pasangan Jamalluddin dan Sulasmi yang bermukim di Jorong Muaro Sopan Nagari Muaro Sopan, Kecamatan Padang Laweh, terpaksa menjalani nasib buruknya karena harus menderita gizi buruk akibat kemiskinan yang mendera orangtuanya. 

Beruntung, kisah hidupnya yang harus ia pikul dengan usia belia itu, ditemukan secara tidak sengaja oleh salah seorang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) setempat saat melaksanakan tugas menjalankan tugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih pada pilkada serentak 2020.

"Terimakasih kami ucapkan pada petugas PPDP dan PPS Muaro Sopan yang telah memberi tahu kepada kami bahwa ada warga kita yang dikabarkan menderita gizi buruk," kata Wali Nagari Muaro Sopan, Ari Asmanto, Selasa 21/07.

Ia mengaku, setelah informasi tersebut diterimanya pada Kamis (17/0/2020), pihaknya langsung berkordinasi dengan Dinas Sosial serta Dinas Kesehatan setempat. 

Ia mengatakan, keluarga pasien ini berasal dari keluarga kurang mampu. Dimana, ayahnya bekerja sebagai kuli dan ibunya tidak bekerja. 

"Ayahnya tamat SLTP dan Ibunya tamat SD, dan saat ini anak ketiga ini tengah butuh uluran tangan para dermawan," jelasnya.

Sementara itu, orang tua pasien, Sulasmi, mengatakan bahwa kondisi anaknya tersebut sudah sejak lahir. Namun, pihaknya kesulitan dalam segi pembiayaan.

"Saat ini kami tak bisa berbuat banyak melihat kondisi anak kami yang telah menapaki usia lima tahun yang belum bisa berjalan. Kondisi kesehatan anak kami semakin menurun," katanya.

Ia mengaku, dirinya pernah membawa putrinya  ke Rumah Sakit namun karena tidak punya biaya untuk berobat, akhirnya dibawa pulang. 

"Kami hanya bisa pasrah dan berharap dan untuk kesembuhan anak kami, " Ujarnya. 

Ia mengungkapkan, suaminya yang berprofesi sebagai buruh pendapatannya tidak menentu dengan rata-rata penghasilan yang jauh dari kata cukup bahkan untuk ukuran di bawah standar hidup dalam serba kekurangan. 

"Saat ini kita hanya berharap uluran tangan dari masyarakat dan pemerintah daerah," pintanya.

Terpisah, kepala puskesmas Padang Laweh, MS. Gufra, S Kep, saat dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa semua sudah ditindaklanjuti.

"Ainil Lizli Marcela ini kondisinya memang sudah sejak lahir, dan ada kelahiran sejak lahir, jadi bukan murni gizi buruk," katanya.

Namun saat ditanya terkait kondisi bobot badan pasien, Gufra mengaku tidak mengetahui secara detail tentang pasien, tetapi pihaknya sudah melaporkan semuanya pada dinas kesehatan.

"Kalau data detail kita tidak tau, nanti saya minta dulu pada dinas kesehatan," pungkasnya. (*)

 

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]