Polri Segera Gelar Sidang Etik Brigjen Prasetijo Si Pembuat Surat Jalan Djoko Tjandra


Selasa, 21 Juli 2020 - 17:11:50 WIB
Polri Segera Gelar Sidang Etik Brigjen Prasetijo Si Pembuat Surat Jalan Djoko Tjandra Brigjen Prasetijo Utomo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Polri akan segera merencanakan waktu persidangan untuk kasus pelanggaran etik mantan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo pembuat surat jalan buron Djoko Tjandra.

"Untuk berkas disiplin BJP PU sudah selesai berkasnya dan oleh Provos nanti akan diserahkan ke Waprop kemudian nanti setelah dievaluasi, berkas tersebut kemudian nanti akan disidangkan, tentunya nanti dari Waprop yang akan merencanakan. Waprop itu biro pengawasan dan pembinaan profesi nanti yang akan merencanakan kapan," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Argo Yuwono kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/7/2020).

Argo mengatakan pihaknya tetap memegang teguh asas praduga tak bersalah terhadap jenderal bintang satu tersebut. Polri juga akan tetap melihat pemberkasan yang dibuat dari penyidik Provos.

"Tentunya semuanya akan menggunakan azas praduga tak bersalah dan kemudian juga tetap melihat daripada pemberkasan yang dibuat penyidik dari Provos," katanya.

Sebagaimana diketahui, Brigjen Prasetijo menggunakan wewenang dalam jabatannya di Bareskrim kala itu untuk menerbitkan surat jalan untuk Djoko Tjandra. Dalam surat bernomor SJ/82/VI/2020/Rokorwas, Djoko Tjandra disebut menjabat sebagai konsultan di Bareskrim.

Dalam surat itu juga tertera, Djoko melakukan perjalanan ke Pontianak pada 19 Juni 2020 untuk kepentingan konsultasi dan koordinasi, dan dia kembali pada 22 Juni 2020. Surat itu diteken Prasetijo dan dikeluarkan pada 18 Juni 2020, atau sehari sebelum keberangkatan mereka ke Pontianak.

"Informasi yang kita dapatkan, yang bersangkutan (Brigjen Prasetijo) langsung dalam satu pesawat dengan daftar pencarian orang (DPO)," ucap Awi.

Brigjen Prasetijo diduga melakukan pelanggaran kode etik, disiplin profesi dan pidana terkait bantuan yang dia berikan kepada Djoko Tjandra. Kabareskrim Polri, Komjen Listyo SIgit Prabowo menegaskan akan mengusut keterlibatan pihak-pihak lain di luar Polri, terkait kasus ini.

"Untuk pihak-pihak yang terkait di luar institusi Polri saat ini sedang dalam proses lidik dan pendalaman lebih lanjut," tegas Sigit pagi tadi. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]