Tau Gak Sih? Ternyata Oli Bisa Dipakai untuk Merawat Knalpot


Selasa, 21 Juli 2020 - 16:11:22 WIB
Tau Gak Sih? Ternyata Oli Bisa Dipakai untuk Merawat Knalpot Ilustrasi mengisi oli mesin motor. Dok doers

HARIANHALUAN.COM – Oli salah kunci penting bagi kendaraan. Pasalnya cairan tersebut berguna untuk melumasi mesin dan menggerak berbagai komponen saat motor menyala. Tak hanya, oli juga bisa dipakai untuk mencegah karat pada knalpot.

Tentu saja volume oli yang dipakai untuk perawatan knalpot, tidak sebanyak yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan bermotor. Pemilik sepeda motor bisa memanfaatkan oli baru, untuk mengolesi bagian knalpot, agar tidak mudah berkarat.

Melansir dari laman Astramotor melalui Viva.co.id, Selasa 21 Juli 2020, untuk mencegah terjadinya karat pada knalpot, pemilik sepeda motor bisa menggunakan oli untuk melumasi bagian knalpot yang rawan berkarat. Biasanya, karat muncul bagian leher, sehingga oli bisa dioleskan di sekitar area tersebut.

Memanfaatkan oli untuk mencegah karat pada knalpot, diawali dengan menyalakan mesin motor terlebih dahulu dan biarkan beberapa saat sampai mesin dan bagian knalpot memanas. Selanjutnya, oleskan oli pada bagian knalpot yang berpotensi karat.

Oli yang meleleh akan melumasi bagian knalpot tersebut dengan sempurna, dan mengurangi risiko terjadinya karat. Selain mencegah karat, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk perawatan jalur gas buang kendaraan bermotor, yakni membersihkan knalpot motor dan memeriksa jalur pipanya.

Knalpot merupakan salah satu komponen motor yang terbuat dari besi. Maka, penting untuk segera membersihkannya setelah bekendara dalam cuaca hujan. Pemilik bisa menyiramnya dengan air bersih, lalu mengelapnya dengan kain sampai kering.

Perawatan knalpot lainnya bisa dilakukan dengan mengecek jalur pipanya. Meski telah dirancang sedemikian rupa oleh pabrikan agar tetap aman, namun di kondisi tertentu knalpot bisa kemasukan air.

Untuk memastikan pipa knalpot itu kering dan tidak tersumbat, bisa dilakukan dengan mencolok lidi ke dalamnya. ika tidak ada hambatan, artinya drainase berada dalam kondisi baik. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 13:09:35 WIB

    Cek Xpander-Livina Anda Kena Recall atau Tidak, Ini Caranya!

    Cek Xpander-Livina Anda Kena Recall atau Tidak, Ini Caranya! HARIANHALUAN.COM - Mitsubishi dan Nissan beberapa waktu lalu mengumumkan kampanye recall terhadap mobil kembarnya, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina. Keduanya mengalami masalah pada perangkat fuel pump atau pompa bahan bak.
  • Senin, 22 Juni 2020 - 06:47:41 WIB

    Pilih Mana, Alphard Seken atau Toyota Calya Baru?

    Pilih Mana, Alphard Seken atau Toyota Calya Baru? HARIANHALUAN.COM - Bagi pecinta mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), saat ini memang sudah banyak tipe mobil yang bisa dipilih. Namun, bagaimana jika hanya memiliki dana Rp 150 juta?..
  • Jumat, 17 April 2020 - 08:02:44 WIB

    Pandemi Corona! Harga Mobil Bekas Murah, Beli Sekarang atau Tahan Dulu?

    Pandemi Corona! Harga Mobil Bekas Murah, Beli Sekarang atau Tahan Dulu? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Virus Corona turut mengkoreksi harga jual mobil di pasaran. Bahkan, banderolnya saat ini anjlok sampai 30 persen. Mumpung harga mobil bekas lagi murah di tengah pandemi Corona. Bagusnya beli sekar.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]