Lagi, Tiga Tenaga Medis Dharmasraya Dikonfirmasi Positif Covid-19


Selasa, 21 Juli 2020 - 13:41:06 WIB
Lagi, Tiga Tenaga Medis Dharmasraya Dikonfirmasi Positif Covid-19 Ilustrasi

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengumumkan sebanyak Empat kasus konfirmasi baru positif Covid-19 dari klaster Puskesmas Padang Laweh, Selasa (21/07). 

"Berdasarkan hasil uji swab laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, kasus positif dikonfirmasi atas nama Ny.IZ(32) yang merupakan pasien 31, tercatat sebagai salah seorang Tenaga Kesehatan di Puskesmas Padang Laweh, Pasien 32, atas nama Nn. RZ(22) tercatat sebagai tenaga kontrak Kesehatan Lingkungan dan Pasien 33 atas nama Ny. NS(25) , tercatat sebagai salah seorang Bidan di Puskesmas Padang Laweh, " ungkap juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya. 

Seluruhnya, lanjut dia, merupakan hasil tracing terhadap riwayat kontak erat 5 pasien kasus konfirmasi sebelumnya, yang mana empat orang diantaranya juga tercatat sebagai tenaga di Puskesmas tersebut. 

Selain tenaga medis, lanjutnya, ada seorang pelajar asal Provinsi Riau yang masih berumur sepuluh tahun asal Sungkai, HBA, juga dinyatakan positif dan saat ini diisolasi di kediamannya yang masuk wilayah Provinsi tersebut. 

"Karena keberadaan yang bersangkutan dekat dengan Kabupaten Dharmasraya, maka pihak kami siap membantu jika sewaktu-waktu diperlukan, " ujarnya. 

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mendo'akan para korban baik dari masyarakat maupun tenaga medis tersebut tetap dalam kondisi prima dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga bisa segera pulih dari terpapar virus itu. 

"Mari sama-sama kita berikan dukungan moril dan rasa empati yang tinggi atas peristiwa non alam ini, jangan kucilkan pasien dan keluarganya karena Covid-19 bukanlah penyakit aib, " imbaunya. 

Ia juga kembali mengingatkan seluruh individu agar tetap menjalankan standar protokol kesehatan sebagai sebuah tatanan kehidupan baru. 

"Tetap gunakan masker jika diluar rumah, jaga jarak, hindari berkumpul-kumpul dan sering-sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer adalah cara paling bijak dan satu-satunya yang bisa dilakukan agar terhindar dari terpapar virus Covid-19, "tutupnya. 

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dilaporkan telah melakukan upaya karantina terhadap satu orang pasien Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pulau Punjung. 

"Pasien yang dikarantina adalah pasien 30 atas nama Tuan SA (25), warga asal Jawa Timur yang tanpa sengaja menularkan virus Covid-19 dan telah terjadi transmisi lokal di kawasan Kecamatan Padang Laweh dengan jumlah total hingga hari ini sebanyak 5 kasus baru ," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Sabtu (18/07). (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Oktober 2020 - 18:00:49 WIB

    Bertambah Lagi, Dua Pasien Covid-19 di Pasaman Meninggal

    Bertambah Lagi, Dua Pasien Covid-19 di Pasaman Meninggal HARIANHALUAN.COM - Jumlah kematian karena positif Covid-19 kembali bertambah di Kabupaten Pasaman. Kali ini dua orang pasien RSUD Lubuksikaping dilaporkan meninggal akibat positif terinfeksi covid-19 dalam dua hari terakhir. .
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 12:58:42 WIB

    Traffic Light Simpang Apar Pariaman Mati Lagi, Pengendara Hati-hati

    Traffic Light Simpang Apar Pariaman Mati Lagi, Pengendara Hati-hati HARIANHALUAN.COM - Traffic Light di Simpang Apar Kota Pariaman kembali mati, dan itu sudah tiga hari berlalu. Terpantau Harianhaluan.com, Jumat siang (19/6/2020), kondisi lampu pengatur lalu lintas itu masih mati..
  • Ahad, 02 Februari 2020 - 16:37:48 WIB

    Lagi, Satres Narkoba Polres Pasaman Amankan Tersangka Sabu

    Lagi, Satres Narkoba Polres Pasaman Amankan Tersangka Sabu PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Dedi Rija Aprianes (35), warga Jorong Tiga Pertanian, Nagari Padang Mentinggi, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, dibuat tak berkutik saat dicokok oleh Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polre.
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 15:05:28 WIB

    Duhh.. Usulan Anggaran Lost Lagi, Pembangunan Trotoar Tak Berlanjut

    Duhh.. Usulan Anggaran Lost Lagi, Pembangunan Trotoar Tak Berlanjut PARIAMAN, HARIANHALUAM.COM-  Penyampurnaan pekerjaan trotoar yang terbengkalai di bypass Kota Pariaman, Simpang Apar - Jati, molor tahun 2020, karena tak masuk dalam anggaran pada tahun tersebut..
  • Senin, 01 Juli 2019 - 21:10:13 WIB

    Selangkah Lagi, OCMHS Jadi Warisan Dunia UNESCO

    Selangkah Lagi, OCMHS  Jadi Warisan Dunia UNESCO SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto atau Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (OCMHS) selangkah lagi akan ditasbihkan menjadi Warisan Dunia United Nations Educational, Scientific and Cultur.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]