Supaya Cocok dengan Tipe Virus di Indonesia, DPR: Vaksin Covid-19 dari China Diproduksi di Dalam Negeri Saja


Selasa, 21 Juli 2020 - 13:10:57 WIB
Supaya Cocok dengan Tipe Virus di Indonesia, DPR: Vaksin Covid-19 dari China Diproduksi di Dalam Negeri Saja Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi IX DPR mendorong agar riset dan produksi vaksin tetap dilakukan di Tanah Air karena akan lebih cocok dengan katakteristik virus di Indonesia. 

“Mendukung untuk percepatan pengembangan dan produksi vaksin covid-19 ini dengan kerja sama berbagai pihak sambil terus mendorong riset dan produksi vaksin dari dalam negeri sendiri. Karena, produk dalam negeri pastinya akan lebih bisa sesuai dengan karakteristik virus yang berkembang di Indonesia,” kata Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati saat dihubungi, Selasa (21/7/2020).

Saat ini Vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech, Ltd asal China telah tiba di Indonesia untuk diujicobakan di Indonesia dengan bekerja sama dengan Bio Farma. Untuk itu, Mufida berharap, dalam kerja sama pengadaan vaksin tersebut, perlu diperhatikan beberapa hal. 

Yakni, perlu menjamin dan memastikan bahwa vaksin cocok dengan tipe virus yang menyerang masyarakat Indonesia. Berbagai uji juga harus dilakukan di Indonesia dan dijalankan dengan serangakaian uji klinis terhadap hewan maupun maupun dengan kondisi Indonesia.

“Karena Indonesia iklimnya pasti beda dengan negara lain,” imbuh politikus PKS itu.

Selain itu, sambung Mufida, perlu dipastikan bahwa pengembangan vaksin tersebut bisa adaptif dan sesuai dengan kemungkinan pengembangan varian dari virus jenis SARS Cov-2 ini yang diduga sudah mengalami berbagai penyesuaian dan ada beberapa variannya.

“Sehingga, ketika dilakukan produksi massal dan digunakan manusia, bisa betul-betul tepat sasaran dan efektif penggunaannya. Bisa menjauhkan Covid-19 dari masyarakat Indonesia,” tambah Mufida.

Selain itu, kata Mufida, serangkaian riset dan uji klinis harus melibatkan ahli medis maupun ahli vaksin di Indonesia dan kapasitas yang dimiliki Bio Farma.

“Hal lain yang penting dan mendasar adalah vaksin ini harus bisa mencegah penularan Covid-19 dan halal, sehingga bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia nantinya,” tandasnya. (*)
 

loading...
 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 12:24:27 WIB

    Sri Mulyani Akan Desain Ulang Bansos Supaya Tepat Sasaran

    Sri Mulyani Akan Desain Ulang Bansos Supaya Tepat Sasaran HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Bappenas akan mendesain ulang atau menggabung berbagai program bantuan sosial (bansos). Hal ini dilakukan agar lebih akuntabel mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH) h.
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:34:32 WIB

    4 Langkah Penting Supaya Nggak Tersetrum Saat Banjir

    4 Langkah Penting Supaya Nggak Tersetrum Saat Banjir JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hujan deras yang kembali mengguyur Jakarta dan wilayah sekitarnya sejak hingga pagi tadi menyebabkan banjir di sejumlah titik. PLN pun memadamkan listrik di sejumlah wilayah demi keselamatan jiwa m.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]