WHO: Virus Covid-19 Mirip dengan Virus Flu


Selasa, 21 Juli 2020 - 12:26:38 WIB
WHO: Virus Covid-19 Mirip dengan Virus Flu ILUSTRASI. Ada persamaan yang dimiliki oleh virus corona dan virus flu. REUTERS/Akhtar Soomro

HARIANHALUAN.COM - Dear masyarakat, tetap jaga kesehatan ya dan terus ikuti standar protokol kesehatan jika ingin keluar rumah. Lantaran, virus Corona atau Covid-19 terus meluas. Selain itu, virus mematikan ini juga memiliki kemiripan dengan virus flu. Karena sama-sama berdampak kepada salur pernapasan.

Melalui laman resminya (who.int), WHO menjelaskan persamaan yang dimiliki virus corona dan virus flu. WHO mengatakan bahwa virus corona dan virus flu sama-sama menyebabkan penyakit pernapasan.

Setiap orang yang terserang virus ini menunjukkan gejala yang berbeda, mulai dari tak bergejala sama sekali hingga gejala yang parah.

Persamaan kedua yang dimiliki virus corona dengan virus flu adalah cara penyebarannya, yaitu dengan kontak langsung dan droplets. Untuk mencegah penyebaran virus-virus tersebut, maka penting untuk menjaga kebersihan dan etika (menutup mulut saat batuk menggunakan siku).

Perbedaan Virus Corona

Tak hanya memiliki persamaan, virus corona dan virus flu juga memiliki perbedaan. WHO menyebutkan bahwa kunci perbedaan antara kedua virus itu terletak pada kecepatan penyebaran. 

Virus flu memiliki masa inkubasi dan waktu antara kasus berurutan yang lebih pendek jika dibandingkan dengan virus corona. Kasus berurutan virus flu adalah 3 hari, sementara virus corona adalah 5 – 6 hari. Hal itu menunjukkan bahwa virus flu menyebar lebih cepat.

Anak-anak memegang peranan penting dalam penyebaran virus flu. Namun, data yang dimiliki WHO menunjukkan bahwa virus corona lebih berpengaruh pada orang dewasa daripada anak-anak. Anak-anak juga lebih banyak terinfeksi dari orang dewasa daripada sebaliknya.

Meski gejala yang ditimbulkan oleh virus corona dan virus flu mirip, tapi infeksi virus-virus tersebut dalam tubuh memiliki perbedaan. Virus corona menginfeksi tubuh lebih berat daripada virus flu.

WHO menyebutkan, virus corona menyebabkan 80% infeksi ringan atau tanpa gejala, 15% infeksi parah hingga pasien membutuhkan tambahan oksigen, dan 5% infeksi kritis.

Perbedaan antara virus corona dan virus flu juga terdapat pada angka kematian. Mengutip dari WHO, angka kematian akibat virus corona lebih tinggi dibanding virus flu.

Angka kematian karena virus corona adalah 3-4%, sementara angka kematian karena virus flu berada di bawah 0.1%. Meski demikian, WHO mengatakan bahwa angka kematian itu sangat berhubungan dengan akses dan kualitas layanan kesehatan. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Agustus 2020 - 19:44:13 WIB

    WHO: Anak-anak Berusia di Atas 12 Tahun Wajib Pakai Masker

    WHO: Anak-anak Berusia di Atas 12 Tahun Wajib Pakai Masker HARIANHALUAN.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mewajibkan anak-anak yang berusia di atas 12 tahun memakai masker. Kewajiban itu sama halnya dengan orang dewasa, ini bertujuan untuk mengendalikan pandemi virus Corona atau Covi.
  • Sabtu, 22 Agustus 2020 - 13:28:46 WIB

    WHO: Krisis Covid-19 akan Berakhir dalam 2 Tahun

    WHO: Krisis Covid-19 akan Berakhir dalam 2 Tahun HARIANHALUAN.COM - Masyarakat di seluruh penjuru dunia berharap pandemi virus Corona atau Covid-19 segera berakhir. Begitu itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menginginkan krisis virus .
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 15:47:24 WIB

    WHO: Orang Usia 20-40 Tahun Banyak yang Tidak Sadar Mengidap Covid-19

    WHO: Orang Usia 20-40 Tahun Banyak yang Tidak Sadar Mengidap Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan, orang dengan usia 20-40 tahun paling banyak yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap virus Corona atau Covid-19. Selain itu, orang dengan usia tersebut palin.
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 07:24:07 WIB

    Peringatan WHO: Kaum Muda Bisa Mati karena Covid-19 dan Dapat Menularkan Virus ke Orang Lain

    Peringatan WHO: Kaum Muda Bisa Mati karena Covid-19 dan Dapat Menularkan Virus ke Orang Lain HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan kepada milenial yang hobi ke klub malam dan pantai. Pasalnya, golongan anak muda tersebut berisiko penyumpang terbesar kasus virus Corona di seluruh dunia da.
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 12:41:22 WIB

    WHO: Orang Usia Muda Paling Berisiko Terinfeksi Covid-19

    WHO: Orang Usia Muda Paling Berisiko Terinfeksi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa orang usia muda paling rentan terpapar virus Corona atau Covid-19. Pasalnya, usia muda penyumbang tertinggi kasus positif virus mematikan tersebut di sej.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]