7 Model Pelat Nomor Kendaraan yang Bakal Ditilang Polisi saat Melaju di Jalan Raya


Selasa, 21 Juli 2020 - 12:11:37 WIB
7 Model Pelat Nomor Kendaraan yang Bakal Ditilang Polisi saat Melaju di Jalan Raya Dok ANTARA

HARIANHALUAN.COM - Siap-siap bagi pengendara sepeda motor maupun mobil, pasalnya jajaran polisi bakal menggelar operasi patuh singgalang. Nah, salah satu yang diincar pelat nomor kendaraan. Jika salah memodifikasi, bakal diberhentikan polisi saat melintas di jalan raya.

Diketahui, pemerintah juga telah mengeluar aturan penggunaan pelat nomor kendaraan baik mobil atau sepeda motor. Salah satunya harus memakai pelat nomor yang sesuai registrasi dan indentifkasi. 

Penggunaan TNKB tercantum dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 68. Jika melanggar, bisa didenda paling banyak Rp 500.000 atau kurungan maksimal dua bulan.

Selain mengatur soal penggunaan pelat nomor, diatur juga soal bahwa pelat nomor tidak boleh dimodifikasi atau mengubah bentuk, warna, tulisan, maupun ditempeli stiker atau logo yang tidak resmi. 

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, mengatakan, pelat nomor kendaraan punya aturan tersendiri. Semuanya merujuk pada spesifikasi teknis yang dikeluarkan Polri. 

"Setiap pelat nomor yang digunakan harus sesuai ketentuan spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh Polri. Apabila dimodifikasi atau tidak sesuai, itu termasuk pelanggaran lalu lintas," kata Fahri dikutip dari Kontan.co.id,

Berikut 7 model pelat nomor kendaraan yang menyalahi aturan: 

1. Angka TNKB yang hurufnya diatur/angka diarahkan ke belakang sehingga terbaca nama. 

2. TNKB yang hurufnya diubah seperti huruf digital. 

3. TNKB yang ditempel stiker/logo/lambang kesatuan/instansi yang terbuat dari plastik/logam/kuningan seolah-olah pejabat (tidak resmi). 

4. Huruf dan angka TNKB dicetak miring dan huruf timbul. 

5. Ukuran TNKB tidak sesuai standar (terlalu besar atau kekecilan). 

6. Menyamarkan warna huruf dan angka TNKB sehingga sulit dibaca. 

7. Mengubah warna TNKB atau ditutup mika sehingga mengakibatkan warnanya berubah. (*)

loading...
 Sumber : Kontan.co.id /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 27 September 2020 - 20:49:59 WIB

    Mobil Listrik di China Ini Hanya Dibanderol Rp 75 Juta

    Mobil Listrik di China Ini Hanya Dibanderol Rp 75 Juta HARIANHALUAN.COM - General Motors Co. yang biasa memproduksi truk dan mobil besar, tiba-tiba memberi kejutan dengan merilis kendaraan listrik (electric vehicle/EV) mungil di China. Harga mobil listrik saingan Tesla itu hanya .
  • Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:20:11 WIB

    Rayakan Scudetto, Ronaldo Beli Bugatti Centodieci Hitam Putih Seharga Rp 137 M

    Rayakan Scudetto, Ronaldo Beli Bugatti Centodieci Hitam Putih Seharga Rp 137 M HARIANHALUAN.COM - Kabar terbaru mengkonfirmasi bahwa Cristiano Ronaldo telah melakukan transaksi atas pembelian Bugatti Centodieci dan ia memesan mobil barunya itu dengan kombinasi dua warna khas Juventus atau hitam putih..
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 20:22:56 WIB

    7 Trik Agar Bahan Bakar Mobil Lebih Irit

    7 Trik Agar Bahan Bakar Mobil Lebih Irit HARIANHALUAN.COM – Setiap mobil memiliki kapasitas mesin, serta teknologi yang berbeda-beda. Sehingga konsumsi bahan bakar dari setiap mobil tidak akan sama, tergantung dari volume mesin, serta fitur-fitur yang ada di  da.
  • Senin, 06 Juli 2020 - 20:59:46 WIB

    10 Mobil Bekas dengan Harga Rp70 Jutaan, Ada Ayla hingga CRV

    10 Mobil Bekas dengan Harga Rp70 Jutaan, Ada Ayla hingga CRV HARIANHALUAN.COM - Harga mobil bekas semakin terjangkau. Tak heran, banyak orang suka membeli mobil bekas karena harga lebih bersahabat.  Apalagi, bagi calon pembeli yang tidak mau repot-repot kredit mobil baru biasanya mem.
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 19:13:35 WIB

    Diskon Motor Baru Honda, Ada yang Sampai Rp7,5 Juta

    Diskon Motor Baru Honda, Ada yang Sampai Rp7,5 Juta HARIANHALUAN.COM - Pemerintah mencanangkan fase normal baru dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala, namun tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku, guna menguran.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]