Surfa Yondri: Dosen PNP Magang di Industri Sekali 4 Tahun


Selasa, 21 Juli 2020 - 10:59:54 WIB
Surfa Yondri: Dosen PNP Magang di Industri Sekali 4 Tahun Ilustrasi gedung PNP.

HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP), Surfa Yondri mengatakan, Pengakuan Angka Kredit (PAK) Dosen Vokasi sedang digarap saat ini. Salah satu isinya, minimal sekali dalam 4 tahun dosen Politeknik harus ada di industri.

"Itu sekarang ini yang sedang didesain agar jangan sampai mahasiswa sudah magang ke industri, sementara dosennya malah tak pernah ke industri," sebut Surfa Yondri, baru-baru ini.

Disisi lain, menurut Anggota Tim E-learning Kemendikbud, Muhammad Adri, keefektifan belajar di dunia maya sangat tergantung pada desain awal. Berbeda dengan semester kemaren yang mendadak daring yang proses belajarnya tidak terencana dengan baik, pada semester ganjil pada Juli-Desember 2020.

"Jika dosen betul-betul bisa melakukan analisis terhadap kurikulum dan materi kuliah yang akan diajarkan dan memilih aspek yang butuh ice breaking, mahasiswa bisa belajar dengan kapasitas dan kemampuannya sendiri," ujarnya.

Jika dalam proses belajar tatap muka di kelas mereka masih malu untuk bertanya karena khawatir dikira macam-macam dan di-bully oleh teman, maka pada session online learning mereka bisa melakukan privat chat kepada dosen atau mengirim YM dan sebagainya melalui proses learning management hingga 2-3 kali berturut-turut dan berulang dibanding teman mereka yang lain.

"Jadi, mereka bisa secara mandiri mengukur kapasitas kemampuan belajar mereka. Pada akhirnya semua konten yang digambarkan dosen betul-betul bisa diadopsi dan semua proses pembelajaran tadi akan membentuk dua model, sinkronous dan asinkronous," katanya.

Menurut Ardi lagi, lembaga kerjasama di UNP memang mengarahkan dosen-dosen menggunakan fasilitas web conference dari BBB tadi karena kalau mereka memakai aplikasi di luar itu, dikhawatirkan akan menyedot kuota mahasiswa. Dengan menggunakan BBB, mahasiswa bebas mengakses internet di bawah sub domain UNP. Mereka yang tergabung dalam unpelearning.co.id itu juga mendapatkan free chas, karena pembiayaannya sudah masuk ke dalam paket kerjasama.

“Setidaknya bisa mengurangi aspek psikologis mahasiswa karena ketika mereka belajar daring mereka juga berpikir tentang kuota yang mulai ngeres, mau nambah dulu dan sebagainya. Itu mengganggu konsentrasi dan atensi mereka terhadap pembelajaran”, jelas Adri. (*)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]