75,96% Desa di 62 Daerah Masih Berstatus Tertinggal dan Sangat Tertinggal


Selasa, 21 Juli 2020 - 10:51:25 WIB
75,96% Desa di 62 Daerah Masih Berstatus Tertinggal dan Sangat Tertinggal Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pembangunan desa menjadi salah satu hal penting dalam percepatan pembangunan daerah tertinggal. Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2019, sebagian besar atau 75,97% desa yang ada di 62 daerah tertinggal tahun 2020-2024 berstatus sebagai desa tertinggal dan sangat tertinggal. Sisanya sebanyak 23,03% ada yang berstatus desa berkembang, desa maju, maupun desa mandiri.

Ada hubungan yang sangat signifikan antara pembangunan desa dan daerah tertinggal. Berdasarkan data Analisa dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, pembangunan desa berkolerasi 67% terhadap pengentasan daerah tertinggal. Semakin meningkat status desa, sejalan dengan peningkatan indikator pengentasan daerah tertinggal.

Oleh karena itu dalam rangka pengentasan daerah tertinggal melalui pembangunan desa-desa, Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal melakukan berbagai inovasi dalam upaya percepatan pembangunan daerah tertinggal seperti pengembangan desa wisata, menginisiasi desa ekspor, melakukan digitalisasi desa, serta kegiatan intervensi lainnya seperti pembangunan jalan desa, embung desa, dan lainnya.

Selain itu penggunaan Dana Desa yang berkualitas juga berpengaruh besar terhadap pembangunan desa. Pertumbuhan desa-desa di daerah tertinggal sepanjang 2015-2019 adalah yang tercepat di Indonesia. Ini artinya sebesar Rpy7 triliun Dana Desa di daerah tertinggal sepanjang 2015-2019 berhasil mempercepat akselerasi pembangunan desa yang berdampak pada percepatan pembangunan daerah tertinggal.

"Penetapan 62 daerah tertinggal tahun 2020-2024 sendiri berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 63 tahun 2020. Dari 62 daerah tertinggal yang tersebar di 11 provinsi tersebut, ditargetkan sebanyak 25 kabupaten dapat terentaskan dari kategori daerah tertinggal pada tahun 2024," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dikutip dari website Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDT Kemendesa), Selasa (21/7/2020). (*/Hms-Sumbar)

loading...
Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]