2 Negara Ini Juga Lakukan Uji Klinis Vaksin Corona Sinovac


Selasa, 21 Juli 2020 - 09:38:51 WIB
2 Negara Ini Juga Lakukan Uji Klinis Vaksin Corona Sinovac Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal China, Sinovac, direncanakan akan diuji klinis di Indonesia. Bersama Bio Farma, vaksin ini akan menjalani uji klinis fase III yang dimulai Agustus 2020.

Uji klinis vaksin Covid-19 ini, akan dilaksanakan di Pusat Uji Klinis Fakultas Kedokteran UNPAD (Universitas Padjajaran) yang akan mengambil sampel sebanyak 1.620 subjek dengan rentang usia antara 18-59 tahun.

"Apabila uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 lancar, maka Bio Farma akan memproduksinya pada Q1 2021 mendatang," ujar Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam rilis yang diterima detikcom.

Vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac yang diberi nama CoronaVac ini telah dikembangkan sejak Januari 2020. Kandidat vaksin CoronaVac telah berhasil melalui uji klinis fase I dan II di China.

Selain uji klinis fase III di Indonesia, ternyata ada beberapa negara lain yang juga ikut ambil bagian dalam uji klinis vaksin Sinovac. Berikut di antaranya:

1. Bangladesh
Dikutip dari Reuters pada Senin (20/7/2020), Bangladesh juga telah menyetujui uji klinis tahap III vaksin Corona Sinovac di negaranya.

Uji klinis akan dilakukan oleh Pusat Penelitian Penyakit Diarrheal Internasional di Bangladesh (ICDDR, B) pada bulan depan dan melibatkan sebanyak 4.200 relawan.

"Kami telah memberikan izin untuk uji klinis setelah meninjau protokol penelitian," ujar Direktur Dewan Penelitian Medis Bangladesh (BMRC), Mahmood Uz Jahan.

"Setengah dari mereka (4.200 relawan) akan diberikan vaksin," jelasnya.

Rencananya uji klinis ini akan dilakukan di tujuh rumah sakit khusus COVID-19 di Dhaka, ibu kota Bangladesh.

2. Brasil
Sejak Jumat (3/7/2020), Badan Regulasi Kesehatan Brasil (ANVISA) telah memberikan persetujuan untuk melakukan uji klinis tahap III vaksin Corona Sinovac.

Dalam uji klinis ini, Sinovac bekerja sama dengan pusat penelitian biologi di Brasil, yakni Instituto Butantan.

"Kemitraan Sinovac dan Butantan adalah kolaborasi yang efisien dalam bergerak maju menawarkan harapan untuk menyelamatkan nyawa di seluruh dunia," Direktur Instituto Butantan, Dr Dimas Covas, dikutip dari Clinical Trials Arena.

Demi melancarkan uji klinis tahap III vaksin Corona Sinovac di Brasil, sebanyak 9.000 tenaga medis profesional akan direkrut untuk bekerja di fasilitas khusus penelitian COVID-19 pada bulan ini.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]