Polisi di Solok Selatan Ini Jadi Sahabat Bocah, Sering Diajak Main Layangan


Selasa, 21 Juli 2020 - 00:17:14 WIB
Polisi di Solok Selatan Ini Jadi Sahabat Bocah, Sering Diajak Main Layangan Bhabinkamtibmas Briptu Agi Ritoyo menjadi sahabat bagi para anak-anak.

HARIANHALUAN.COM - Personel Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Briptu Agi Ritoyo menjadi sahabat bagi para anak-anak (bocah.red). Briptu Agi Ritoyo ingin memberikan edukasi yang positif terhadap para bocah, terutama berkaitan dengan stigma negatif terhadap Kepolisian.

"Kita tentunya menyadari jika anak-anak ini merupakan calon pemimpin di masa mendatang. Mereka adalah generasi penerus pembangunan bangsa ini kelak," ujar Agi kepada harianhaluan.com saat bercengkrama bersama para bocah di wilayah kerjanya, Senin (20/7/2020).

Untuk itu, imbuhnya, para anak-anak perlu diberikan arahan dan bimbingan ke arah positif sehingga bisa diminimalisir potensi perbuatan negatif. "Contohnya, saat bocah-bocah ini berkumpul atau bermain didekati, ajak ngobrol. Lalu, ikuti kegiatan mereka dan berikan motivasi," bebernya.

Dengan demikian, kata Agi kesan positif dan kagum itu muncul dari anak-anak tersebut. "Kebiasaan orangtua gini, apabila ada anaknya yang sedikit membandel. Sukanya memberikan kesan kalau polisi itu musuh. Bilangnya ke anak, jangan bandel nanti ditangkap atau ditembak polisi. Padahal itu kurang elok, karena polisi hadir di tengah masyarakat sebagai teman bukan lawan," lanjutnya.

Dia mengatakan, apabila paham tersebut tertanam dipikiran anak, maka mentalnya bakal rusak. Pasalnya, seolah-olah menganggap Polisi itu musuh. "Bagi para orangtua, mari Kita bentuk mental anak-anak agar lebih positif dan belajar dari sejak dini. Polisi selalu ada di tengah masyarakat baik suka maupun duka," terangnya.

Ketika ditanya, seorang Bocah bernama Raihan (9) menyebutkan bahwa saat ia bermain bersama temannya kerap didekati Bhabinkamtibmas Briptu Agi Ritoyo. "Om itu sering cerita cara jadi polisi. Kadang juga ikut bermain sama kami, main layangan," katanya. (*)

loading...
Reporter : Jefli Bridge /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]