Begini Harapan Abdul Rahman dan Zigo Rolanda Terhadap KONI Solsel


Senin, 20 Juli 2020 - 16:48:07 WIB
Begini Harapan Abdul Rahman dan Zigo Rolanda Terhadap KONI Solsel Foto bersama pengurus KONI Solsel saat pelantikan.

HARIANHALUAN.COM - Kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Periode 20219-2023 resmi dilantik di kantor bupati setempat, Senin (20/7/2020).

Pelantikan yang lansung dilakukan Ketua KONI Sumbar,  Syaiful ditandai dengan penyerahan bendera petaka dari Syaiful ke Plt Bupati Solsel, Abdul Rahman dan dilanjutkan pada Ketua KONI Solsel terpilih Rengga Husyada. 

Ketua KONI Solsel, Rengga Husyada, di kesempatan itu mengucapkan terima kasih pada berbagai pihak yang sudah mendukung program lembaga yang dipimpinnya dalam rangka memajukan olahraga di daerah ini. 

Rengga menyatakan kesiapan KONI Solsel untuk menjadi tuan rumah Porprov Sumbar. Bukti kesiapan itu,  tidak saja dalam bentuk dukungan dana yang diberikan Pemerintah saja,  tapi dari pihak perusahaan yang ada di daerah ini juga sangat tinggi dukungannya.  

"Hal ini dibuktikan oleh PT SEML yang telah membangun stadion olahraga yang sangat respentatif," tambah Rengga.

Rengga menjelaskan program yang tengah dilakukan, antara lain pendataan atlet yang saat ini tercatat sebanyak 380 orang. Selain itu juga mendata pelatih,  serta target untuk menembus prestasi atlet ditingkat Nasional dan Internasional.

Sementara itu Ketua KONI Sumbar,  Syaiful mengapresiasi KONI Solsel yang telah berhasil menyelenggarakan Porkab  secara turut menurut selama delapan (8) kali. 

"KONI Solsel dibanding dengan Koni Kabupaten/Kota di Sumbar, taat sesuai aturan, dimana KONI Solsel rutin menyelenggarakan Porkab," katanya.

Dia menyatakan dukungan untuk menjadikan Solsel sebagai tuan rumah pada Porprov Sumbar 2024.

Sementara itu,  Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda juga menyatakan untuk siap mendukung KONI dalam memajukan keolahragaan didaerah ini. 

Bahkan Zigo ikut menitip semangat pada pengurus yang baru dilantik untuk melanjutkan keberhasilan yang sudah di rintis mantan Ketua KONI Solsel, Mario Syahjohan. 

"Sudah banyak prestasi yang dicapai KONI Solsel diberbagai iven dan cabang olahraga. Hendaknya hal ini dapat dilanjutkan, " kata Zigo. 

Bahkan untuk tuan rumah Porprov Sumbar yang ditawarkan Ketua KONI Sumbar pada 2024, Zigo dengan antusias menyatakan lebih siap. 

"Jangankan untuk tuan rumah di 2024, pada tahun 2020 saja Solsel sudah siap. Apalagi perusahaan besar yang ada di Solsel sangat siap untuk mendukung pelaksanaan Porprov Sumbar di Solsel nantinya. Sedangkan secara kelembagaan di DPRD pihaknya juga siap untuk mendukung," kata Zigo. 

Sementara itu  Plt Bupati Solsel, Abdul Rahman juga menyatakan dukungan untuk KONI Solsel. Selama ini diakui banyak kendala yang dihadapi untuk mensukseskan berbagai kamajuan cabang olahraga, dikarenakan fasilitas olahraga itu sendiri yang terbatas. 

Sekarang kekurangan sarana olahraga itu sudah mulai  dilengkapi di Solsel. Apalagi sudah siapnya sarana Gelora Energy yang dibangun pihak PT SEML.

"Kebangkitan olahraga di Solsel saat ini sudah tidak ada lagi persoalan. Pasalnya, selain sarana dan prasarana yang sudah mulai lengkap,  dukungan dari berbagai pihak swastapun juga sangat tinggi," ungkap Abdul Rahman. 

Abdul Rahman sangat berharap untuk kemajuan olahraga di Solsel, dibutuhkan keterlibatan perusahaan untuk membina cabang olahraga. Artinya satu cabor hendaknya dibina oleh satu perusahaan. Maka dijamin olahraga di daerah ini akan bisa berbucara diberbagai iven nantinya. 

Terkait dengan akan diserahkannya stadion Gelora Energy oleh pihak PT SEML, bupati akan meminta pihak Bapeda untuk membuat master plan. Bahkan, pihaknya berharap dengan keberadaan stadion baru itu, akan muncul destinasi wisata baru dengan karateristik olahraga, dan menjadikan Pekonina sebagai perkampungan atlet. 

Hadir pada pelantikan pengurus Koni Solsel itu, Ketua DPRD Solsel,  Zigo Rolanda,  Anggota DPRD Provinsi Sumbar,  Mario Syahjohan, Forkopimda Solsel, Sekdakab. Solsel, Yulian Efi, para Asisten, dan pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Solsel, pemimpin Bank Nagari Padang Aro  Hendri,  Field Representatif PT SEML  Bujang Joan Dt. Panyalai, Plt. Kadis Disdikpora,  Novrizon, dan pengurus Cabor KONI Solsel. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]