Upaya Kembangkan Perkebunan, Walnag Duo Koto Canangkan Daerahnya Jadi Kampung Kopi


Senin, 20 Juli 2020 - 15:53:01 WIB
Upaya Kembangkan Perkebunan, Walnag Duo Koto Canangkan Daerahnya Jadi Kampung Kopi Pemerintah Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, tengah berupaya mengembangkan komoditi perkebunan jenis kopi di nagari tersebut.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, tengah berupaya mengembangkan komoditi perkebunan jenis kopi di nagari tersebut.

Karena komitmen yang tinggi dalam mengembangkan komoditi kopi, pihak nagari sudah membentuk komunitas yang akan mengelola komunitas kampung kopi, beranggotakan lima orang dari unsur masyarakat.

Wali Nagari Duo Koto, Joni Safri menyebutkan, dalam hal ini pihaknya bekerjasama dengan masyarakat yang ingin lahannya digarap oleh nagari karena tidak punya modal untuk mengolahnya. Menurutnya, ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya. Sebelumnya lahan yang dibiarkan kosong karena tidak ada modal untuk menggarap, sekarang mereka tinggal menunggu hasil dari panen kopi tersebut.

Kesepakatan bersama pemilik lahan dengan cara bagi hasil 30-70 setiap kali panen selama 14 tahun. 30 untuk pemilik lahan dan 70 komunitas dan nagari,” ujarnya Minggu (19/7/2020).

Hingga kini, sudah tersedia lahan sekitar 20 hektar, dari 17 orang pemilik tersebar di Jorong Koto Tinggi dan Jorong Mudiak. “Karena juga terkendala anggaran, lahan baru bisa tergarap sekitar tiga hektar yang saat itu bermodalan sekitar Rp 40 juta,” sebut Joni.

Sejak dua tahun lalu pihaknya sudah merancang budidaya kopi, tetapi sekitar satu tahun lebih baru bisa terlaksana. Saat ini kopi sudah berbunga, diperkirakannya satu tahun ke depan telah bisa dipanen.

Komitmen Joni Safri dalam mengembangkan kopi adalah menjadikan Nagari Duo Koto sebagai kampung kopi. Ia juga mendorong masyarakat untuk budidaya kopi atau komoditi lainnya, sebagai upaya mengalihkan mata pencaharian dari danau ke darat. “Untuk itu kita berharap ada bantuan CSR dari perusahaan, dalam mewujudkan Duo Koto sebagai kampung kopi. Begitu juga pembinaan dari Pemkab Agam,” ulasnya. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center (AMC) /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 20:41:14 WIB

    Pemkab Dharmasraya akan Kerahkan Seluruh Upaya Melawan Covid-19

    Pemkab Dharmasraya akan Kerahkan Seluruh Upaya Melawan Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menegaskan pihak Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat, telah mengerahkan segala daya upaya dalam melawan penyebaran virus Covid-19 di daerah itu. .
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 13:09:28 WIB

    Sumbar Upayakan Jaringan Listrik di Desa Tanjung Lebar Pasaman

    Sumbar Upayakan Jaringan Listrik di Desa Tanjung Lebar Pasaman HARIANHALUAN.COM - Terkait penyediaan energi listrik di Desa Tanjung Lebar, Kabupaten Pasaman, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat telah mengupayakan penyediaan jaringan listr.
  • Senin, 29 Juni 2020 - 17:36:06 WIB

    Pemkab Agam Jalin Kerjasama Upaya Penanggulangan Sampah

    Pemkab Agam Jalin Kerjasama Upaya Penanggulangan Sampah HARIANHALUAN.COM - Camat IV Koto, Kabupaten Agam, Ekko Espito bersama Wali Nagari Balingka, Armen menjajaki kerjasama untuk pengolahan sampah menggunakan belatung lalat tentara hitam atau yang dikenal maggot Black Soldier Fl.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 15:37:58 WIB

    Dintan Genjot Program IB, Upaya Optimalisasi Program Sikomandan di Agam

    Dintan Genjot Program IB, Upaya Optimalisasi Program Sikomandan di Agam HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Agam terus berupaya meningkatkan populasi sapi dan kerbau, hal ini difokuskan kepada optimalisasi reproduksi ternak melalui program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 16:40:19 WIB

    Upaya Peningkatan Ekonomi, Poktan di Agam Produksi Aneka Olahan Cabai

    Upaya Peningkatan Ekonomi, Poktan di Agam Produksi Aneka Olahan Cabai HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani (Poktan) Baramban, Jorong Kandang Jilatang, Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu memproduksi aneka olahan cabai guna meningkatkan ekonomi dan pendapatan para petani di Kabupaten Agam..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]