Erick Thohir Blak-blakan soal Menteri Minta Jatah Kursi Komisaris


Senin, 20 Juli 2020 - 14:33:37 WIB
Erick Thohir Blak-blakan soal Menteri Minta Jatah Kursi Komisaris Menteri BUMN Erick Thohir.

HARIANHALUAN.COM - Sejumlah pihak meminta jatah kursi komisaris dan direksi perusahaan pelat merah kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Erick Thohir. Menurut Erick, permintaan itu tidak hanya berasal dari relawan, partai, dan organisasi masyarakat, tapi juga menteri terkait.

“Ini bukan sesuatu yang salah sepanjang komposisi dan kapasitasnya cocok. Saya hanya menjaga prosedur pemilihan berlangsung secara transparan dan kandidat yang terpilih bisa menjadi bagian transformasi BUMN,” kata Erick seperti dikutip dari wawancara khusus bersama Majalah Tempo edisi 18 Juli 2020.

Saat menyorongkan usulan komisaris dan direksi, para menteri harus bersurat kepada Erick. Erick mengakui meminta usulan tersebut dituangkan dalam dokumen hitam di atas putih sebagai bentuuk pertanggungjawaban.

“Sebab politik itu kadang menggiring. Kalau tidak senang kepada saya, dibilang komisaris ini orangnya Erick semua. Kalau ada surat, tinggal saya tunjukkan saja,” tuturnya.

Bahkan, menurut Erick, ada pula pihak yang meminta jatah itu melalui perpesanan instan WhatsApp. Namun, dia tidak menggubris.

Untuk menjaring nama-nama komisaris dan direksi, Erick mengakui menggunakan firma head, khususnya guna memilih pakar dan calon yang berkualitas. Nama-nama yang dianggap memiliki kemampuan dan kapabilitas akan disorongkan kepada Presiden Jokowi untuk selanjutnya diputuskan.

Erick menyatakan tidak semua usulan diakomodasi. “Pertanggungjawaban saya kembali ke rakyat,” katanya.

Simak wawancara lengkap Tempo bersama Erick Thohir dalam Majalah Tempo edisi 18 Juli 2020 berjudul “Bancakan Jatah BUMN”. (*)

loading...
 Sumber : Tempo.co /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 12 Oktober 2020 - 10:34:12 WIB

    Amankan Vaksin Covid-19, Erick dan Menlu Retno Terbang ke Inggris

    Amankan Vaksin Covid-19, Erick dan Menlu Retno Terbang ke Inggris HARIANHALUAN.COM - Untuk menjalin kerja sama atas vaksin virus corona (Covid-19), Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir, dan tim Kementerian Kesehatan akan melakukan .
  • Ahad, 27 September 2020 - 07:30:12 WIB

    Mantap Nih! Erick Thohir Sebut Ada Bansos Baru

    Mantap Nih! Erick Thohir Sebut Ada Bansos Baru HARIANHALUAN.COM - Sejumlah program jaring pengaman sosial atau social safety net kemungkinan akan dilanjutkan hingga 2021. Bahkan, akan menambahkan sejumlah program baru bagi masyarakat yang terdampak Covid-19..
  • Kamis, 24 September 2020 - 20:19:51 WIB

    Isolasi Mandiri OTG dan ODP Covid-19, Erick Thohir Kerahkan Hotel BUMN

    Isolasi Mandiri OTG dan ODP Covid-19, Erick Thohir Kerahkan Hotel BUMN HARIANHALUAN.COM - Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN Iswandi Said mengatakan, Kementerian BUMN di bawah Erick Thohir bakal menyiapkan hotel BUMN untuk isolasi mandiri serta bagi orang tanpa gejala (O.
  • Kamis, 24 September 2020 - 12:03:50 WIB

    Mantap! Erick Thohir Sebut RI Sudah Bisa Bikin Obat Corona Sendiri

    Mantap! Erick Thohir Sebut RI Sudah Bisa Bikin Obat Corona Sendiri HARIANHALUAN.COM - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menyatakan Indonesia akan memproduksi sendiri obat corona untuk pasien Covid-19, yakni favipiravir atau avigan serta oseltamivir..
  • Rabu, 23 September 2020 - 09:39:43 WIB

    Erick Thohir Bantah Ahok soal Direksi Pertamina Lobi Menteri

    Erick Thohir Bantah Ahok soal Direksi Pertamina Lobi Menteri HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara soal direksi PT Pertamina (Persero) yang disebut hobi melobi menteri oleh Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]