Satu Orang Pasien Kontak Erat Kembali Terdeteksi di Dharmasraya


Senin, 20 Juli 2020 - 12:05:15 WIB
Satu Orang Pasien Kontak Erat Kembali Terdeteksi di Dharmasraya Ilustrasi

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Satu orang pasien riwayat Kontak Erat kembali terdeteksi berdasarkan hasil tracing yang dilakukan pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Senin (20/07).

"Pasien adalah seorang wanita yang menjalani proses persalinan dan diketahui memiliki riwayat kontak erat dengan pasien 29 yang dinyatakan positif sebelumnya berdasarkan hasil uji swab laboratorium, Ny I (40)," kata juru bicara gugus tugas tersebut, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Senin. 

Saat ini, lanjutnya, terhadap yang bersangkutan sudah diambil tindakan berupa pengambilan sampel cairan hidung dan tenggorokan atau uji swab, dan sampel tersebut sudah dikirim ke pihak laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Padang. 

"Selain itu terhadap yang bersangkutan juga sudah dilakukan tindakan isolasi sementara di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh, sambil menunggu hasil uji swab keluar, " jelasnya. 

Jika dinyatakan positif berdasarkan hasil uji swab tersebut, maka pihak gugus tugas akan melakukan tracing guna mencari riwayat kontak erat lainnya dengan yang bersangkutan. 

"Upaya tersebut dilakukan agar mata rantai penyebaran bisa tertangani baik sebagai salah satu tindakan dalam memperkecil tingkat risiko makin meluasnya wilayah penyebaran," tegasnya. 

Terkait upaya yang harus dilakukan masyarakat agar tidak terpapar virus pandemi dunia itu, ia mengimbau agar setiap individu selalu menerapkan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. 

"Kita belum menang, mari tingkatkan kewaspadaan dengan antara lain selalu menjaga kepatuhan untuk menggunakan masker secara benar, sering-seringlah mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta selalu jaga aman," imbaunya. 

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, kembali mengkonfirmasi lima kasus positif baru masyarakat yang terpapar virus Covid-19.

"Empat diantaranya tercatat sebagai petugas medis dan staf Puskesmas Padang Laweh, Kecamatan Padang Laweh," kata Juru Bicara Gugus Tugas setempat, dr Rahmadian, di Dharmasraya, Jum'at (17/07/2020). 

Empat diantaranya adalah staf angkatan dan tenaga medis pada Puskesmas Padang Laweh, masing-masing berinisial Ny. AW (31 thn) tercatat sebagai pasien 26, pasien 27 atas nama Ny. HH (35 thn), pasien 28 atas nama Ny. MJ (25 thn), pasien 29 atas nama Ny. I (40 thn). 

Sementara pasien 30 atas nama Tn. SA (25 thn), merupakan pendatang datang dari Madura - Jawa Timur pada awal bulan Juli 2020, yang merupakan salah satu daerah rawan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. (*)

loading...
Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]