5 Penyebab Kamu Terlalu Cemburuan pada Pasangan


Senin, 20 Juli 2020 - 07:57:12 WIB
5 Penyebab Kamu Terlalu Cemburuan pada Pasangan Pexels/Polina Zimmerman

HARIANHALUAN.COM - Cemburu sebagai tanda cinta adalah kalimat yang perlu ditinjau ulang. Awal mula perasaan cemburu merupakan bentuk dari insecure seseorang. Insecure merupakan kondisi saat seseorang merasa tidak aman dan nyaman dengan dirinya sehingga dilampiaskan dengan perilaku destruktif atau merusak pada dirinya maupun orang lain.

Mengatasi cemburu berarti harus dimulai dari mengetahui akar permasalahan dari perasaan insecure tersebut. Berikut lima kemungkinan penyebab kamu menjadi pencemburu dengan pasangan. 

1. Pernah ditolak atau ditinggalkan orang yang disukai 

Mungkin kamu memiliki pengalaman ditolak oleh orang yang disukai atau ditinggalkan oleh kekasih. Tentu, hal ini menyakiti hatimu dan akan meninggalkan kenangan buruk yang bisa membuat luka batin.

Menyembuhkan diri dari patah hati perlu kamu tuntaskan. Jika tidak segera diselesaikan, kamu akan melampiaskan perasaan tidak aman tersebut pada orang lain. Perasaan cemburu bisa muncul ketika pasanganmu dekat dengan lawan jenis. Hal ini karena ada perasaan takut akan ditinggalkan oleh pasangan seperti yang pernah kamu alami sebelumnya dengan sang mantan.  

2. Pernah dihancurkan kepercayaannya 

Kepercayaan memang mahal harganya. Ketika diruntuhkan, akan timbul perasaan kecewa teramat dalam. Ketika seseorang pernah dikecewakan atas kepercayaan yang diberikannya, sulit baginya menghilangkan perasaan tersebut.

Hal inilah yang membuatnya menjadi sosok yang tidak mudah percaya, pencemburu, dan mudah curiga dengan pasangan terhadap apa yang dikerjakannya.

3. Merasa tidak pantas dicintai karena self-esteem rendah

Self-esteem merupakan gambaran dari keseluruhan perasaan seseorang akan harga diri atau nilai pribadinya, baik itu penilaian diri, keyakinan, maupun perilakunya. Seseorang dengan self-esteem rendah memiliki perasaan tidak berharga sehingga tidak pantas untuk dicintai. Ketika telah memiliki pasangan, kamu juga terus menanyakan keseriusan pasangan.

Kamu akan selalu menuntut pengakuan dan perlakuan pasangan karena kebutuhan akan dicintai yang begitu besar sehingga kamu akan mudah cemburu jika pasangan memberikan perhatian bahkan pada temannya sekalipun. 

4. Pernah berada dalam toxic relationship

Toxic relationship yakni hubungan tidak sehat ditandai dengan perilaku yang berpotensi merusak fisik maupun emosional diri sendiri atau pasangan. Adapun, bentuknya berupa tuntutan, paksaan, kekerasan dan lainnya.

Orang yang toxic akan mudah cemburu dengan pasangannya kelak karena dirinya memiliki luka batin yang belum terselesaikan. Korban toxic relationship juga akan mengembangkan rasa tidak aman, seperti mudah cemburu pada pasangannya karena pernah menjalani hubungan yang buruk.

5. Merasa tersisihkan dari saudara kandung

Perasaan cemburu bisa juga karena adanya sibling rivalry sehingga kamu merasa tersisihkan saudaramu dari perhatian orangtua. Jika luka masa lalu atau yang masih dirasakan hingga kini tidak diatasi dengan baik, kemungkinan besar rasa cemburu tersebut juga kamu terapkan pada pasanganmu.

Ketika pasangan sedang memiliki waktu bersama keluarga, teman, bahkan pekerjaannya, kamu merasa cemburu karena merasa pasangan tidak memberikan waktu padamu, padahal pasangan sudah mengerahkan perhatiannya. 

Jika sudah mengetahui penyebab dari cemburu, kamu bisa mengatasi perasaan insecure tersebut. (*)

loading...
 Sumber : IDN.Times /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]