Jangan Sedih, Begini Cara Bangkit dari PHK Lewat Bisnis Baru!


Ahad, 19 Juli 2020 - 19:37:40 WIB
Jangan Sedih, Begini Cara Bangkit dari PHK Lewat Bisnis Baru! Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat virus corona saat ini kian marak terjadi, dalam kasus ini banyak perusahaan yang mengalami krisis keuangan. Pekerja mau tak mau terpaksa dirumahkan.

Lalu bagaimana dengan nasib bagi mereka yang terkena PHK atas dampak wabah pandemi ini? Tidak sedikit bagi diantaranya yang sulit untuk memulai usaha baru, karena sudah terbiasa dengan rutinitas kantoran di setiap harinya.

Namun, jangan dulu patah semangat. Lebih baik coba untuk memulai bisnis sendiri. Dikutip dari buku "Cara Aman Memulai Bisnis" oleh Bije Widjajanto, Jakarta, Minggu (19/7/2020). Tiga konsep bisnis yang harus dipertimbangkan dalam memulai bisnis, ketiganya akan mempengaruhi dan menentukan tingkat keberhasilannya.

Berikut ketiga hal tersebut:


1. Bisnis Harus Logis

Keharusan yang pertama dalam berbisnis adalah bisnis harus logis. Artinya, seluruh langkah yang direncanakan harus mengikuti kaidah dan logika pemikiran akal sehat. Konsep bisnis yang tidak didukung dengan alur logika yang nalar akan membuat pertanyaan-pertanyaan dalam pikirannya dan menimbulkan keragu-raguan komplikasi lebih lanjut akan menyabotase jalannya menuju sukses.


2. Bisnis Harus Scalable

Bisnis harus berskala. Agar menjadi sukses, bisnis juga harus mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, pertumbuhan bisnis pada masa-masa selanjutnya harus merupakan perbesaran skala bisnis dari konsep yang telah berjalan. Dengan demikian strategi pengembangan selanjutnya dapat lebih fokus pada peningkatan kapasitas produksi, peningkatan kualitas manusianya, peningkatan cakupa pasar, atau peningkatan pengelolaan pelanggan. Sementara, kerangka dasar operasi bisnisnya tetap.


3. Bisnis Harus Panjang Umur

Untuk menjadikan bisnis panjang umur, produk dan konsep bisnisnya harus panjang umur juga. Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi acuan,

a. Masa hidup produk

b. Stabilitas konsep bisnis

c. Ketersediaan sumber daya

d. Keamanan operasi bisnis

e. Sistem yang dapat dialihkan

Bisnis yang sukses selalu berangkat dari penciptaan nilai-nilai yang bermanfaat bagi banyak orang. Dari manfaat yang diterima, seseorang akan memberikan imbalan yang sepadan. Filosofi ini memperluas esensi bahwa bisnis bukanlah sekedar transaksi penjualan produk melainkan sebuah pertukaran manfaat.(*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]