Lihat Komet Neowise Melintas di Langit RI Malam Ini


Ahad, 19 Juli 2020 - 19:17:48 WIB
Lihat Komet Neowise Melintas di Langit RI Malam Ini Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan waktu terbaik untuk mengamati Komet NEOWISE (Near Earth Object Wide-Infrared Survey Explorer)  adalah pada 23 Juli.

Namun untuk wilayah Indonesia, komet ini sudah bisa dilihat mulai hari ini, Minggu (19/7). Adapun waktu terbaik untuk menyaksikan komet Neowise di langit Indonesia adalah setelah matahari terbenam.

"Sudah bisa dilihat dari tanggal 19 hingga 25 Juli 2020 setelah matahari terbenam. Komet akan mulai sulit dilihat pada tanggal 26 Juli 2020," tulis LAPAN, diberitakan cnnindonesia.com.

LAPAN mengatakan komet dapat terlihat secara kasat mata. Agar lebih jelas dalam mengamati fenomena antariksa ini, disarankan menggunakan alat bantu pengamatan seperti kamera digital dengan kepekaan cahaya yang tinggi, binokular, dan teleskop.

Meskipun akan terlihat secara kasat mata, komet akan semakin sulit dilihat di daerah yang memiliki polusi cahaya tinggi. LAPAN mengatakan penampakan komet juga akan semakin sulit diamati apabila objek yang menghalangi horizon di arah barat laut.

Fenomena antariksa ini cukup langka setelah menempuh perjalanan yang sangat jauh dan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada 23 Juli 2020.
Butuh 6800 tahun lagi untuk komet NEOWISE bisa bertemu kembali mendekati orbit Bumi.

Komet NEOWISE pertama kali ditemukan pada 27 Maret 2020 dan masuk katalog C/2020 F3.  Komet akan terlihat dari Bumi pada tanggal 5 atau 6 Juli pagi di timur laut. Sedangkan pada 11 Juli, komet akan mencapai ketinggian hampir 10 derajat.

Pada 22 Juli, NEOWISE akan melakukan pendekatan terdekat ke Bumi, yang jaraknya 64 juta mil atau 103 juta km.(*)

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]