Maju di Pilbup Pasaman, Sabar AS Terima SK dari Golkar


Ahad, 19 Juli 2020 - 17:44:38 WIB
Maju di Pilbup Pasaman, Sabar AS Terima SK dari Golkar Anggota DPRD Sumbar, Sabar AS yang didapuk Golkar maju di Pilkada Pasaman.

HARIANHALUAN.COM - Nama Sabar AS, anggota DPRD Sumatra Barat (Sumbar) dipastikan akan menjadi salah satu dari sekian nama yang bakal berlaga menjadi bakal calon bupati Kabupaten Pasaman di kontestasi Desember mendatang. Tak hanya itu, Sabar AS juga telah mengantongi rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPW) Partai Golongan Karya (Golkar) untuk maju di Pilkada 2020 ini. 

Surat Keputusan (SK) No: SKEP58/DPP/GOLKAR/VII/2020 tentang pengesahan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Pasaman, Sabar AS bakal dipasangkan dengan Benny Utama, Mantan Bupati Kabupaten Pasaman periode 2010-2015. Meskipun berasal dari partai yang berbeda, namun peran partai pengusung keduanya merupakan dua partai besar yang telah sukses mengantarkannya menjadi anggota DPRD Provinsi Sumbar, yaitu Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Menurut Sabar, Pasaman ke depan perlu pembenahan dari berbagai sektor. Perlu adanya konsepsi keadilan untuk mengurangi adanya ketimpangan pembangunan. Faktanya, beberapa kecamatan dan nagari di Pasaman masih jauh tertinggal. "Tertinggal, karena belum mendapat prioritas alokasi anggaran dan program. Untuk itu, konsepsi keadilan harus diterapkan di masa depan," ujarnya beberapa hari yang lalu.

Sabar mengatakan, bahwa Indek pembangunan manusia (IPM) disektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi masih terbilang rendah. Oleh karena itu, perlu dikejar dan income masyarakat harus meningkat. "Untuk itu, ini perlu ada keterpaduan dari berbagai sektor dan elemen guna peningkatan kesejahteraan masyarakat ke depan," katanya.

Bagaimana income masyarakat meningkat terus, harus dengan cara mendayagunakan segala potensi yang ada. Termasuk sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. "Jika misalnya produktifitas petani ikan bisa kita tingkatkan, maka tentu produksi ikannya juga naik, ekonominya naik dan, maka tingkat kesejahteraan petani pun naik," katanya. 

Nah, seiring dengan itu, koneksitas, aksesibilitas antar berbagai nagari bahkan koneksitas dengan daerah lain perlu terus dipacu untuk memberikan daya dorong terhadap percepatan pembangunan di Pasaman. "Info dari Bupati Pasaman, tahun depan, Insyaallah konekting antara Pasaman dengan Padang Lawas. Saya rasa ini terobosan-terobosan seperti ini harus didorong dan perlu terus ditingkatkan," katanya. 

Demikian pula dengan jalan Rao-Rokan Hulu. Jika akses ini tembus, tentu akan memberikan daya dorong terhadap percepatan pembangunan di Pasaman. Begitu juga dengan Muaro Seilolo - Takus, Rokan Hulu. "Nah, dengan begitu Pasaman ini akan terbuka dari berbagai arah, serta akan menjadi tempat tujuan dan menjadi segi tiga emas," pungkasnya. 

Jika akses ini sudah terbuka, tentu daya saing harus didorong pula. Antara lain, di bidang kesehatan. Keberadaan dua rumah sakit, yakni RS Pratama di Padanggelugur dan RSUD Lubuk Sikaping harus ditingkatkan secara bertahap. "Kedua rumah sakit ini harus kita upgrade terus. Kita tingkatkan statusnya dari tipe D ke tipe C, C ke B demikian seterusnya. Sehingga apa, daerah tetangga yang mau berobat mau singgah di Pasaman, karena kita mempunyai daya saing," imbuhnya. 

Sebagai wakil rakyat Pasaman di DPRD Provinsi Sumatera Barat, Ia meminta perlu adanya sinergisitas antara OPD daerah kabupaten,  provinsi dan pusat dalam rangka mewujudkan pembangunan di daerah penghasil ikan air tawar terbesar di Sumbar itu. Pasalnya, membangun daerah itu perlu kebersamaan. Selain kemampuan fiskal kabupaten, juga ditambah kemampuan anggaran alokasi dari provinsi demikian juga dengan pemerintah pusat. Selain itu, kemampuan untuk menggaet investor agar mau berinvestasi di daerah harus ditingkatkan. 

"Kita juga harus bisa merangkul, mengajak dan menggalang investasi bisa masuk ke daerah. Termasuk dukungan masyarakat. Dalam hal ini para perantau-perantau yang ada di berbagai daerah di Indonesia, agar care dan mau membangun daerahnya," tutup Sabar AS. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]