Pembelajaran Jarak Jauh, 328 Laptop Tablet Disiapkan Sekolah Ini bagi Keluarga Kurang Mampu


Ahad, 19 Juli 2020 - 14:30:16 WIB
Pembelajaran Jarak Jauh, 328 Laptop Tablet Disiapkan Sekolah Ini bagi Keluarga Kurang Mampu Laptop tablet yang disediakan SMPN 1 Harau untuk peserta didik yang kurang mampu.

HARIANHALUAN.COM - Dalam upaya menyukseskan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbagai cara dilakukan oleh SMPN 1 Harau. Salah satunya dengan menyiapkan ratusan laptop tablet untuk siswanya. Setidaknya, ada sebanyak 328 laptop tablet merk Samsung yang sudah disiapkan sekolah berprestasi di ibukota Kabupaten Limapuluh Kota itu.

“Ada 328 unit yang sudah disiapkan untuk proses PJJ, terutama untuk pembelajaran dalam jaringan. Laptop tablet ini dipakai oleh anak didik kita,” terang M. Yusuf Lubis, Kepala SMPN 1 Harau baru-baru ini.

Dijelaskan Lubis, laptop tablet tersebut sudah dilengkapi dengan kartu perdana serta paket internet sehingga bisa langsung dimanfaatkan oleh anak didik secara gratis. “Laptop tablet tersebut memang khusus untuk pembelajaran dan terhubung ke server induk di sekolah. Anak pun tidak bisa mengutak atik tablet ke aplikasi lain. Intinya sudah terkunci,” terang Lubis lagi.

Kemudian, katanya, sebanyak 328 tablet itu hanya bisa digunakan di lingkungan SMPN 1 Harau saja. “Kita sudah menyediakan rumah belajar di sekolah. Disana, anak-anak bisa belajar secara online,” katanya lagi. 

Usai mengikuti pembelajaran secara daring, katanya, laptop tablet yang dipakai oleh anak didik ini dikembalikan lagi ke pihak sekolah. “Laptop tablet yang disediakan sifatnya pinjam. Usai pembelajaran, barang itu dikembalikan lagi ke pihak sekolah,” ucapnya.

Ditambahkannya, proses pembelajaran secara daring tersebut, tidak terkendala bagi anak-anak, terutama bagi keluarga yang kurang mampu dan kesulitan untuk memiliki gadget. “Laptop tablet ini disediakan, khusus bagi keluarga kurang mampu. Ini yang kita fasilitasi. Bagi anak-anak yang tidak memiliki smartphone, silakan datang ke sekolah,” ucapnya.

Tak hanya terkait kepemilikan saja, bagi anak didik SMPN 1 Harau yang terkendala jaringan internet, sekolah tersebut juga sudah menyiapkan wifi gratis bagi anak didiknya. Selama mengikuti belajar daring, anak didik hanya bisa membuka aplikasi khusus Google Classroom. Pada aplikasi tersebut, anak didik bisa menyaksikan secara live guru yang sedang mengajar dan menonton video pembelajaran yang sudah disiapkan.

Kemudian, pada aplikasi tersebut, anak didik juga bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan kelas masing-masing. Untuk kondisi saat ini, SMPN 1 Harau memiliki 332 anak didik baru kelas VII dan memiliki 996 total peserta didik di sekolah kebanggan Limapuluh Kota itu. (*)

loading...
Reporter : Dadang Esmana /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]